Banner adz

Ikan Purba Yang masih Bertahan ini Akhirnya Punah

Chinese Paddlefish adalah ikan endemik di sungai Yangtze yang membelah daratan China yang merupakan ikan purba sekitar 75 juta tahun.
Para ahli di China dan ilmuwan dari IUCN  (international Union for Conservation of Nature) telah menyatakan bahwa paddlefish raksaksa China , salah satu ikan tawar terbesar di dunia, tak bisa lagi di lihat oleh generasi mendatang.



Para ilmuwan peneliti ikan ini memperkirakan spesies ikan purba tersebut tidak lagi berkembang biak sejak tahun 1993.
Psephurus gladius (dulunya) merupakan spesies endemik dari sungai Yangtze di mana mereka tak pernah terlihat lagi sejak tahun tersebut.

Sungai Yangtze adalah sungai terpanjang di Asia dan juga sungai terpanjang ke tiga di dunia.
Psephurus gladius yang menghuni sungai Yangtze di ketahui punah karena penangkapan ikan berlebihan, adanya pelabuhan sungai, dan polusi yang merajalela.

Baca Juga: Ikan Mirip Penis ini Viral


Di China, ikan ini bukan hewan sembarangan. Liu dan Zeng dalam jurnal Copeia menulis, pada 1970-an, Chinese Paddlefish merupakan salah satu ikan paling berharga.
Kaviar yang lezat yang dikandung oleh ikan ini membuat nilainya membumbung tinggi. Namun, Psephurus Gladius sebenarnya bukan buruan terbesar di sungai Yangtze.

Liu dan Zeng mencatat, jumlah tangkapan spesies ini sebanyak 25.000 kg, atau satu persen dari seluruh jenis ikan tangkapan nelayan di sungai tersebut pada era 1970-an. Hal ini beralasan, sebab pada periode tersebut, Chinese Paddlefish telah masuk ke dalam daftar ikan yang dilindungi


rata-rata ikan Chinese Paddlefish bisa mencapai ukuran panjang hingga 3.6 meter dengan bobot 250 kg.
berdasar catatan sejarah dari tahun 1950 an, penduduk lokal mengklaim telah menemukan chinese paddlefish sepanjang 7 meter.

Baca Juga: Petugas DKI temukan koi mahal saat bersihkan sampah banjir


Paddlefish tersebar di dua benua, yaitu Amerika dan Asia. Di benua Amerika, terdapat spesies paddlefish yang merupakan endemik sungai Missisipi, American Paddlefish (Polyodon spathula). Di Asia, hewan berfilum Chordata ini berhabitat di Sungai Yangtze, dan beberapa terlihat di Sungai Kuning.

Chinese paddlefish telah menyusul nenek moyangnya. Tinggal menunggu waktu sebelum American paddlefish menyusul saudaranya dari Asia bila perburuan massal terhadap spesies ini tidak dihentikan.



0 Response to "Ikan Purba Yang masih Bertahan ini Akhirnya Punah"

Posting Komentar

Advertisement