Banner adz

Istilah Yang Sering Di Pakai Dalam Aquascape

Untuk sobat yang hobi aquascape pasti sudah kenal dengan beberapa istilah yang sering di pakai dalam aquascape, namun bagi para pemula yang baru terjun dan mencoba bermain aquascape ini kadang agak kesulitan juga ketika bertanya ke senior atau melihat postingan di grup aquascape ada beberapa istilah yang sering di pakai dalam aquascape sulit di mengerti para pemula.



nah berikut ini beberapa istilah yang sering di pakai dalam aquascape agar sobat bisa paham, namun pertama kali kita pahami dulu ya apa itu aquascape, Aquascape adalah suatu seni  dalam membentuk sebuah pemandangan bawah air dengan menggabungkan tanaman, batu atau kayu menjadi  suatu ekosistem yang indah kedalam wadah kaca atau akrilik seperti yang biasanya berbentuk persegi panjang seperti aquarium.

apa saja istilah yang sering di pakai dalam aquascape? nah kita simak berikut ini

- Tank = Tank itu bukan kendaraan berat perang ya, tapi tank yg di maksud adalah wadah yang terbuat dari kaca ataupun akrilik, biasanya berbentuk persegi panjang  dan juga biasa digunakan untuk membuat aquarium.

- Substrat = apa itu Subtrat? substrat adalah media tanam untuk menanam tanaman yang memiliki akar, substrat yang sering digunakan adalah soil dan pasir malang.

- Soil = kemudian Soil adalah salah satu jenis substrat yang mengandung nutrisi yang sudah di formulasikan agar tanaman tumbuh dengan optimal, dan tentunya juga aman bagi hewan yang ingin dimasukan ke dalam aquascape.

- Pupuk dasar atau Pukdas = Adalah pupuk khusus untuk aquascape yang  di letak kan di dasar tank atau aquascape agar memenuhi nutrisi tanaman yang akan di tanam, biasanya pupuk dasar di  tambahkan jika substrat yang digunakan adalah pasir yang sedikit atau tidak memiliki kadar nutrisi untuk tanaman.

- Hardscape = Hardscape bisa di katakan sebagai aquascape setengah jadi, karena hardscape itu merupakan kayu atau batu dan substrat yang sudah di tata sedemikian rupa tapi belum ada tumbuhan. Jadi hardscape = aquascape tanpa tumbuhan.

- High Tech Aquascape = Aquascape yang menggunakan peralatan pendukung berupa injeksi Co2 dari tabung, Chiller atau pendingin, Canister, dll.

- Low Tech Aquascape = Yaitu Aquascape yang tidak menggunakan peralatan penunjang seperti Aquascape High Tech atau menggunakan peralatan yang dibuat sendiri (DIY).

- High Light = Adalah Aquascape yang intensitas pencahyaannya tinggi (watt/liter) yaitu apabila intensitas pencahayaan nya lebih besar dari 1 watt per liter.

- Medium Light = Adalah Aquascape yang intensitas pencahyaannya sedang (watt/liter) yaitu apabila intensitas pencahayaan nya lebih besar antara 0,5 – 1 watt per liter.

- DIY (Do it YourSelf) = Adalah membuat sendiri sebuah alat dari bahan bahan yang ada di sekitar kita, jadi istilah DIY dalam aquascape adalah peralatan yang dibuat sendiri.

- WC (Water Change) = Adalah proses mengganti air atau menguras air Aquscape dan mengganti kembali dengan air baru yang bertujuan untuk me reset parameter air dalam Aquascape.

-  Parameter Air = Parameter air adalah kondisi fisik air dan kandungan kimia tertentu dalam air yang mempengaruhi kualitas air dan pertumbuhan tanaman did alam Aquascape


Nah bagaimana sob, sudah tau kan sekarang istilah yang sering di gunakan dalam aquascape? sebenarnya masih banyak yang lainnya namun kami coba pilihkan istilah yang paling sering saja di gunakan dalam aquascape, semoga bisa membantu sobat dalam memahami istilah-istilah tersebut.

0 Response to "Istilah Yang Sering Di Pakai Dalam Aquascape"

Posting Komentar

Advertisement