Banner adz

Mengenal Tumbuhan Aquascape Java Fern

Tanaman Java Fern atau Microsorum pteropus, umumnya dikenal sebagai pakis Jawa, dapat ditemukan di Indonesia, Malaysia, Thailand dan beberapa daerah di Cina.



Tanaman Java Fern tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pecinta aquascape, tanaman java fern sangat bervariasi dengan beberapa varietas yang berbeda dalam ukuran dan bentuk daun.

Tanaman java fern ditemukan di habitat aslinya yang biasanya tumbuh menempel pada akar dan batu.  tingkat pertumbuhannya tergolong lambat, dan bisa tumbuh hingga ketinggian 15 sampai 30 cm, tanaman java fern tidak memerlukan pencahayaan tinggi, dengan tingkat pencahayaan low pun dia bisa tumbuh normal juga tidak di perlukan asupan co2 tinggi untuk pertumbuhannya, bahkan bila sobat tidak memakai co2 di aquascape sobat pun tanaman ini bisa tumbuh bertahan lama.

Baca Juga: Mengenal filter Undergrafel


Java fern bertumbuh atau bertambah banyak dengan pemisahan rimpang, Tumbuhan ini tumbuh dari batang yang disebut rimpang. Dapat menyerap nutrisi dari air melalui daun dan akar. Tumbuh sangat baik di bawah cahaya yang menyebar.

Untuk mendapatkan tunas atau tanaman aquascape Java Fern baru, sobat dapat menunggu mereka berkembang dan daun tua akan menumbuhkan tunas baru. Nah, tunas baru inilah yang dapat dipotong kemudian tanamkan kembali.

Untuk menanamnya, pilih rimpang yang terlihat sehat, kemudian potong setengah. Kemudian, ikatkan rimpang yang dipotong tadi ke kayu atau batu

Nah demikianlah sekilas tentang tanaman java fern, bagi sobat yg aquascape nya memiliki low co2 dan low cahaya, maka tanaman java fern ini mungkin bisa di masukan dalam list tanaman sobat

0 Response to "Mengenal Tumbuhan Aquascape Java Fern"

Posting Komentar

Advertisement