Banner adz

Merawat Ikan Corydoras Agar Tahan Lama dan Sehat

 Ikan kecil yang memiliki sungut seperti tikus ini merupakan ikan hias yang cukup banyak penggemarnya.

di postingan kali ini kita akan membahas mengenai ikan kecil ini, bagaimana cara memelihara, merawat ikan corydoras ini agar tetap sehat dan berusia panjang.



Ikan ini namanya ikan Corydoras. menurut wikipedia, ikan corydoras merupakan ikan lele air tawar yang trmasuk dalam keluarga Callichthyidae dan subfamili Corydoradinae. 

Dalam bahasa yunani, corydoras berasal dari kata kory yang berarti helm dan doras yang berarti kulit. jadi ikan corydoras ini memiliki kulit keras, ada juga yang menyebutkan armoured catfish.

Dengan bentuk nya yang unik dan corak warna yang beragam, menjadikan ikan ini di sukai oleh banyak penghobi ikan hias, namun rata rata alasan para penghobi ikan hias memelihara ikan corydoras ini adalah untuk ikan pembersih.



Ikan corydoras memang dominan mendiami perairan bagian bawah, ikan ini memakan sisa sisa makanan yang tidak habis di makan ikan lainnya.

Karena sisa sisa makanan yang tidak habis dimakan akan membusuk dan membuat air keruh, nah untuk itulah ikan corydoras banyak di pelihara dengan tujuan agar membersihkan sisa sisa makanan yang tidak di makan tadi.

Namun untuk memelihara ikan ini ada tips dan perlakuan khusus agar ikan corydoras sobat tidak mudah mati.

sebelum memelihara ikan ini, mari kita berkenalan dulu dengan ikan corydoras ini.

Spesies ikan corydoras ini trsebar di amerika selatan, mereka hidup di sungai sungai kecil, rawa rawa dan kolam dengan aliran yang lambat dan tenang. 

Ikan corydoras merupakan ikan omnivora, mereka memakan apa saja dari dasar sungai yang berpasir, seperti cacing, daging ikan mati, dan serangga air.

Cara makan mereka adalah dengan sungut sensoriknya dan menyedot makanan dengan mulutnya, sering kali mengubur moncongnya hingga ke mata.

dari cara makannya tersebut, maka sebaiknya sobat memberikan dasar akuarium sobat dengan pasir halus tidak perlu tumbuhan karpet agar mulut ikan corydoras ini tidak terluka dan juga mudah bagi mereka untuk mencari makan.

karena saya pernah melakukan kesalahan dengan memelihara ikan corydoras ini dengan memberikan dasar akuarium berupa pasir malang yang kasar, sehingga mulut dan sungut ikan corydoras ini rusak.

Ikan corydoras ini jarang sekali mencari makan di permukaan, jadi baiknya berikan pelet atau makanan yang tenggelam. dan jangan mencampurkan ikan corydoras ini dengan ikan yang berkarakter rakus ya, karena di khawatirkan ikan corydoras ini tidak kebagian makanan yang sampai ke dasar.


Ikan corydoras ini aktiv pada siang dan malam hari, tidak seperti kebanyakan ikan jenis lele lainnya yang hanya aktiv di malam hari.

Ikan corydoras dapat hidup pada kondisi air dengan suhu antara 20-27 C, dan ph antara 6-7. 

Pada beberapa spesies ikan corydoras ini di temukan hidup berkelompok dan berenang bergerombol. ikan ini juga senang bersembunyi di balik bebatuan, jadi baiknya sobat berikan tempat sembunyi untuk ikan ini ya.

Ikan corydoras ini memiliki banyak jenis dan corak warna yang beragam. sobat bisa pilih sesuai keinginan dan selera sobat untuk menghiasi akuarium sobat.



Harga ikan corydoras ini pun tergolong terjangkau, mulai dari 1.500 rupiah hingga puluhan ribu rupiah, tergantung jenis tentunya.

Ikan corydoras ini berkarakter damai, sobat bisa mencampurkan ikan corydoras ini dengan ikan hias lain kesayangan sobat sebagai pelengkap akuascape.

Jarang sekali ditemukan ikan ini mengganggu dan memangsa ikan lain, namun ada beberapa sobat yang bilang bahwa dia melihat ikan corydoras peliharaannya sedang memakan ikan hias lain, perlu di luruskan, sebenarnya ikan corydoras tidak memangsa ikan hias lain, mungkin saja ikan tersebut sudah mati dan ikan corydoras ini memakan bangkai ikan tersebut, namun sobat ikan hias tersebut melihatnya saat sedang memakan bangkai, jadi timbul salah paham.

Ikan corydoras berkembang biak dengan cara bertelur, mereka akan memijah dengan menempelkan telurnya di kaca akuarium ataupun di bebatuan yang datar. setelah sekitar 2-3 hari telur akan menetas menjadi burayak.

Ikan corydoras cocok sekali di tempatkan di akuarium sobat, dan sobat tidak perlu khawatir mengenai ukuran akuarium, karena ikan ini hanya bisa tumbuh hingga ukuran 5-8 cm.

Bagaimana, tertarik untuk memelihara ikan corydoras ini?

Oke sampai di sini dulu postingan kali ini, semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat


0 Response to "Merawat Ikan Corydoras Agar Tahan Lama dan Sehat"

Posting Komentar

Advertisement