Banner adz

Jaguar Chiclid, Baca Ini Sebelum Memelihara nya

 Buat kamu penghobi ikan predator, ikan hias yang satu ini bisa jadi alternatit peliharaan di akuarium kamu. 


Jaguar chiclid merupakan ikan predator yang  berasal dari amerika tengah. dengan sifat nya yang ganas dan suka memakan ikan ikan kecil.

nah, mau tau lengkap nya mengenai ikan jaguar ini? 



Jaguar Cichlid, secara ilmiah ikan ini dikenal sebagai parachromis managuesis, Mereka berasal dari Amerika Tengah dan dapat ditemukan dari Kosta Rika hingga Honduras. 

secara morfologis, ikan jaguar ini memiliki bentuk tubuh yang terlihat kekar, Bentuk tubuhnya datar dari sisi dan memiliki tubuh oval. Pada bagian atas tubuhnya terdapat sirip yang berukuran agak panjang dibagian ujungnya dan terbentang hingga mencapai pangkal ekornya. Dibagian bawah perutnya juga terdapat sirip yang berukuran sedang dan mencapai area pangkal ekornya. Lalu ekornya berukuran agak besar dengan bentuk mirip kipas.

Corak warna ikan predator ini tampak indah dengan hanya terdiri dari dua warna hitam dan putih yang berupa garis-garis tidak beraturan. Garis yang tidak beraturan tersebut membentuk pola vertikal yang menutupi seluruh area tubuh mulai dari kepala, badan, sirip dan ekornya. Dibagian tengah badannya tampak bercak hitam yang berbentuk hampir bulat dan terlihat sekilas mirip ikan Louhan, ikan jaguar ini dapat tumbuh hingga 35 sentimeter

untuk memelihara ikan jaguar ini, sobat tidak perlu kerepotan, karena ikan jaguar ini cukup toleran terhadap berbagai jenis kondisi air. bahkan bisa beradaptasi terhadap fluktuasi suhu dan kadar oksigen yang rendah.

Ikan jaguar ini termasuk ikan predator yang cukup teritorial, sehingga sobat tidak bisa asal mencampurkan ikan jaguar ini dengan ikan hias lainnya.

apalagi ikan hias yang lebih kecil ukurannya, karena bisa jadi malah di santap mentah mentah oleh si ikan jaguar ini.

karena ikan jaguar ini bisa tumbuh besar, maka akuarium ideal untuk ikan jaguar ini adalah yang berukuran 100 cm x 50 cm jika di tempatkan bersama ikan predator lainnya.

ikan predator lain yang bisa di jadikan tankmate bagi ikan jaguar ini adalah ikan oscar, louhan, dan red devil. tentunya sebaiknya yang seukuran atau lebih besar sedikit dari si ikan jaguar ini. 


untuk dekorasi bisa di hias dengan ranting atau bebatuan saja, tidak perlu memberikan tanaman air yang indah, karena ikan jaguar ini akan merusak tanaman tersebut dalam waktu singkat.

sedangkan untuk substratnya, sobat bisa memberikan kerikil berukuran sedang hingg besar, jangan lupa juga memberikan bebatuan untuk tempat bersembunyi mereka, dan juga mungkin untuk tempat menaruh telur mereka. karena ikan jaguar yang sudah matang akan memijah dengan cara menempelkan telur mereka pada bebatuan yang datar.

sobat bisa menempatkan 2 atau 3 pasang ikan jaguar ini secara bersamaan saat usia remaja. karena apabila sobat mecampurkan ikan jantan dan betina saat sudah dewasa, seringkali terjadi perkelahian yang mengakibatkan korban jiwa, walaupun ada juga yang langsung berjodoh dan beranak pinak.

ikan jaguar dapat berkembang biak sepanjang tahun, tidak mengenal musim untuk berkembang biak, bahkan di dalam tank komunitas pun, jika sudah berjodoh ikan jaguar ini akan kawin tanpa sungkan sungkan.

ikan jaguar ini merupakan orang tua yang hebat, yang bisa menjaga anak anaknya, jika ada ikan lain yang mendekat maka ikan jaguar ini dengan sigap akan mengusir ikan yang mendekat tersebut.

dalam hal makanan, ikan jaguar ini tergolong mudah, mereka bisa memakan apa saja, seperti jangkrik, cacing, ikan kecil bahkan pelet dan makanan beku pun bisa di lahapnya.

seperti ikan chiclid lainnya, penyakit yang biasa menyerang ikan jaguar ini adalah ich atau jamur, bisa jadi karena ikan ini hobi berkelahi yang menyebabkan luka, maka luka itu rentan terkena parasit atau jamur.

untuk itu menjaga kualitas air perlu di perhatikan demi kesehatan ikan jaguar sobat.

ikan jaguar ini bukan ikan asli indonesia, dan kini sudah banyak di temukan di perairan indonesia, sebenarnya ini sangat berbahaya loh, karena bisa menyebabkan kerusakan lingkungan.

entah bagaimana ikan ini bisa lepas ke perairan kita, mungkin ulah oknum tidak bertanggung jawab.

karena ikan jaguar ini merupakan ikan predator ganas yang rakus, dan juga mudah untuk berkembang biak, dapat merusak ekosistem perariran kita. kejadian ini dapat menyebabkan punah nya ikan ikan lokal akibat predasi yang massif dari jaguar chiclid ini.sedangkan keberadaan ikan lokal di indonesia saat ini membutuhkan perhatian lebih untuk di selamatkan populasinya.

jadi jika sobat sudah bosan memelihara ikan jaguar ini, jangan asal di lepas di sungai atau danau ya sob, mungkin bisa sobat berikan kepada kawan atau di jual atau mungkin bisa sobat goreng saja untuk lauk pakan, hehe..

oke sampai di sini dulu ya pembahasan kita mengenai ikan jaguar chiclid, 




0 Response to "Jaguar Chiclid, Baca Ini Sebelum Memelihara nya"

Posting Komentar

Advertisement