Banner adz

Mengenal dan memelihara Ikan Red Pensil

 Pencil Fish, atau ikan Pensil, merupakan jenis ikan hias mungil yang cocok untuk dipelihara dalam aquascape. Sepertinya Ikan ini masih terbilang masih kurang dikenal dikalangan penghobi ikan hias. 



Ikan pencil fish ini sebenarnya sangat cantik loh, saya pun jadi jatuh hati sama ikan yang satu ini Saat pertama memeliharanya. 

Karena warnanya yang indah dan mencolok. 


Seperti namanya, Pencil Fish memang berbentuk kecil memanjang seperti pensil, 

Dengan nama ilmiah Nannostomus mortenthaleri atau biasa juga di sebut  coral red pencilfish. 

Ikan ini memiliki ciri tubuh kecil, terdapat garis hitam memanjng dari mata hingga ke pangkal ekor di bagian tubuhnya, dan juga terdapat warna merah di atas maupun bawah garis hitam tadi. Ikan pensil juga memiliki corak warna yang cukup beragam, tergantung dengan spesiesnya. Biasanya, Pencil Fish memiliki garis hitam dan putih di sepanjang badannya.

Kontras antara garis hitam dan putih pada sisi tubuh ikan Pencil membuat ikan ini cukup menonjol walaupun berukuran mungil. garis merah ikan tersebut akan semakin membara jika kondisi air dan pakannya cocok.



Ikan pensil dapat tumbuh sepanjang 3-7 cm. Bentuknya yang unik dan ukurannya yang mungil membuat ikan ini terlihat menggemaskan, terutama di dalam aquascape yang ukurannya nano atau medium.

Ikan pencil ini bisa di campur dengan ikan hias lainnya yang berkarakter damai seperti zebra danio, neon atau cardinal tetra, guppy, corydoras dan lainnya. 

Karena ikan pensil ini dikenal sebagai ikan yang damai. Ikan ini pada umumnya tidak akan menyerang spesies lain.

kadang ikan pensil ini berkelahi dengan sesama jenisnya saja untuk mempertahankan teritori dan pasangan. Namun, perkelahian ini biasanya tidak serius dan berlangsung singkat. 


Ikan pensil biasanya mendiami akuarium bagian tengah, walau terkadang suka bermain di bagian atas dan bawah akuarium untuk mencari makan. 


Ikan pensil bisa memakan apa saja, sobat bisa memberi makan pelet, cacing beku, jentik nyamuk ataupun cacing sutera. 

ikan Pensil juga suka memakan alga yang timbul dipermukaan tanama air atau substrat.


Ukuran ikan Pensil yang mungil membuat ikan ini memiliki bioload yang rendah. Artinya,ikan Pensil ini membuang kotoran dalam jumlah yang sedikit (tidak seperti Guppy atau Platy). Jadi Aquarium sobat tidak akan mudah kotor. 


Ikan pensil ini tergolong cukup kuat dan tidak terlalu sulit dirawat asalkan airnya tetap bersih. Air harus diganti secara teratur, terutama jika tangki penuh. Setidaknya 25 hingga 50% air tangki harus diganti setiap dua minggu sekali.


untuk menonjolkan warna terbaik ikan ini. Berilah pencahayaan redup dengan substrat gelap. 


Disarankan memelihara ikan ini sekitar 6 ekor atau lebih. 

Baiknya jumlah jantan lebih sedikit dari betina. 


Ikan pensil berkembang biak dengan cara bertelur. 

Saat masa birahi, mereka akan memijah di tumbuhan air. 

Ikan jantan dapat dilihat dari warnanya yang lebih cerah dan juga bentuk tubuh yang lebih ramping di banding ikan betina. 

Selain itu ikan jantan terlihat lebih agresif dan ikan betina terlihat lebih jinak. 


Telur ikan pensil akan menetas dalam waktu sekitar 36 jam, dan benihnya dapat berenang bebas 4 hingga 5 hari kemudian. 

Anak ikan pensil bisa di beri pakan dengan makanan halus seperti artemia atau kutu air halus. 


Nah demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai ikan pensil. 

Jika sobat tertarik, sobat bisa mulai memeliharanya dirumah. 


Ikan pensil mungkin jarang sekali di temui di toko ikan hias, namun demikian sobat bisa membeli di toko online, harga ikan ini cukup murah, mulai dari 2000 rupiah hingga 15 ribu rupiah per ekor tergantung ukuran. 





0 Response to "Mengenal dan memelihara Ikan Red Pensil"

Posting Komentar

Advertisement