Banner adz

Tips Perawatan Ikan Red Nose Tetra,

 Ikan tetra merupakan jenis ikan yang paling banyak dipelihara oleh para penghobi ikan hias. 

Nah di postingan kali ini kita mau bahas mengenai salah satu ikan tetra yang cukup indah. 

Ikan ini juga terkenal sebagai ikan schooling yang paling rapih diantara ikan tetra lainnya. 

Nah mau tau lengkap nya mengenai ikan ini? Yuk simak terus sampai selesai. 



Di postingan kali ini kita akan bahas mengenai salah satu jenis ikan tetra yang terkenal sebagai ikan schooling paling rapih. 

Nah namanya ikan red nose tetra atau rummy nose tetra. 



Ikan red nose Tetra merupakan salah satu dari puluhan jenis ikan Tetra yang habitat aslinya berada di bagian Amerika Selatan. 

Ciri ikan ini memiliki warna badan silver serta warna merah pada bagian ujung depan ikan dan warna hitam putih pada bagian ekor.

Ikan ini juga memiliki bentuk tubuh yang ramping dan aerodinamis, yang membuatnya bergerak dengan cepat dan lincah di air. 

Ikan red nose tetra ini menjadi ikan pilihan aquascaper professional maupun pemula, karena sifat ikan ini adalah ikan schooling, dan ikan ini schooling nya sangat rapih sekali, bisa dibilang ikan schooling terbaik untuk di aquascape. Sehingga alasan aquascaper professional memilih ikan ini adalah karena sifat schooling nya yang sangat rapih menjadikan aquascape terlihat sangat indah dan alami. 


Tahukah kau bahwa ikan red nose tetra  sebenarnya bukan satu spesies, melainkan tiga spesies yang sangat mirip? Ketiga spesies tersebut adalah 



Hemigrammus rhodostomus, 


Hemigrammus bleheri, 


dan Petitella georgiae. 


Meskipun ketiga spesies tersebut memiliki warna merah di bagian kepala, mereka memiliki perbedaan dalam bentuk tubuh, ukuran, dan pola warna.

Ketiga spesies ikan red nose tetra berasal dari wilayah Cekungan Amazon. 

ikan red nose tetra menjadi salah satu jenis ikan hias yang banyak dicari dan dibudidayakan.

Salah satu ciri khas yang membuat ikan hias red nose tetra menarik adalah warna merah cerah di bagian kepala mereka. Warna ini kontras dengan warna tubuh mereka yang keperakan atau kekuningan. Warna merah ini juga membuat ikan hias tetra mudah dikenali dan dibedakan dari jenis ikan lain.

Namun, warna merah ini tidak selalu tetap. Warna ini dapat berubah tergantung pada kondisi air, suhu, stres, dan kesehatan ikan. Jika air terlalu keras, terlalu asam, atau terlalu kotor, warna merah ikan hias red nose tetra dapat memudar atau hilang. Jika ikan hias red nose tetra merasa stres, takut, atau sakit, warna merah mereka juga dapat menghilang. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kualitas air dan kesejahteraan ikan hias red nose tetra agar warna merah mereka tetap terlihat. 

Ikan red nose tetra membutuhkan air yang bersih, lunak, asam, dan hangat, dengan suhu antara 24-28°C, pH antara 5,5-7, dan oksigen yang cukup .

red nose tetra suka berenang di seluruh bagian akuarium, terutama di bagian tengah dan bawah. Ikan hias red nose tetra juga suka bermain dan mengejar-ngejar sesama ikan hias red nose tetra atau ikan lain yang seukuran. Red nose tetra adalah ikan yang aktif dan energik, yang membuat akuarium sobat menjadi lebih hidup dan menarik.

Agar kamu bisa melihat ikan ini berenang schooling dengan rapih, baiknya kmu menempatkan ikan ini dalam akuarium yang besar agar ruang gerak ikan ini menjadi leluasa, dan pelihara ikan ini dalam jumlah banyak.

Kamu juga bisa memberikan arus air dalam akuarium kamu. 

dan juga jangan satukan ikan ini dengan banyak ikan lain atau dengan ikan yang ukuran nya lebih besar, karena itu akan membuat ikan ini menjadi tidak schooling dikarenakan ruang gerak nya sempit dan akan berkeliaran secara terpisah.

Ikan ini merupakan ikan omnivora, yang artinya mereka dapat makan berbagai jenis makanan, baik alami maupun buatan. Makanan alami red nose tetra adalah cacing, larva, dan plankton. Makanan buatan yang cocok untuk ikan red nose tetra adalah pelet, serbuk, atau tablet yang mengandung protein, vitamin, dan mineral. Ikan red nose tetra harus diberi makan dua kali sehari, dengan jumlah yang sesuai dengan ukuran dan jumlah ikan

Ikan red nose tetra adalah ikan yang damai, yang artinya mereka dapat hidup berdampingan dengan jenis ikan lain yang memiliki sifat dan ukuran yang serupa. Red nose tetra tidak agresif atau teritorial, melainkan ramah dan toleran. Ikan red nose tetra dapat hidup dalam akuarium komunitas,Red nose tetra dapat bersahabat dengan jenis ikan seperti neon tetra, cardinal tetra, rasbora, dan corydoras.

Ikan red nose tetra berkembang biak dengan cara bertelur. Saat sudah dewasa, ikan jantan akan mengejar ikan betina dan terjadilah perkawinan. 

Telur akan jatuh berserakan atau menempel pada tanaman air. 

Jika sobat ingin mencoba mengembangbiakan ikan ini cobalah pijahkan di akuarium terpisah agar telur ikan ini tidak di makan ikan lainnya. 

Jika sudah terjadi perkawinan, sobat bisa memisahkan indukan dari telurnya, dan biarkan telur menetas. 

Burayak ikan red nose tetra bisa sobat beripakan halus seperti artemia atau kutu air halus. 


Bagaimana, apakah sobat tertarik memelihara ikan ini


Nah itulah tadi pembahasan kita mengenai ikan red nose tetra. 



Oke sampai jumpa di video selanjutnya. 


0 Response to "Tips Perawatan Ikan Red Nose Tetra, "

Posting Komentar

Advertisement