Banner adz

Budi Daya Ikan Molly

Halo sobat ikan hias apa kabar? pada post kali ini saya akan berbagi info tentang bagaimana mengembang biakan ikan Moly, tentunya cara ini sudah saya coba terlebih dahulu.

Ikan Molly adalah ikan layak tampil di akuarium, karena bentuk badannya unik dan warna nya juga bervariasi looh, ikan Molly juga termasuk ikan yang mudah di pelihara dan juga ikan yang mudah di ternakkan baik di akuarium atau di kolam.
Molly (Poecilia sphenops) berasal dari Meksiko, Florida, Virginia. Ikan ini bersifat omnivore. Ukuran tubuhnya relatif cukup besar, maksimal sekitar 12 cm. Hingga kini sudah banyak varietas yang beredar di pasaran dengan warna dan bentuk tubuh yang beragam akibat persilangan dan mutasi. Molly balon, misalnya, yang bertubuh seperti bola akan tampak sangat bagus seperti maskoki mini bila ukurannya sudah besar.

cara ternak ikan moly

untuk mengembang biakan ikan ini cukup mudah, bahkan paling mudah dari pada ikan hias lainnya (menurut saya) karena tanpa di kawinkan secara khusus pun ikan ini akan berkembang biak sendiri, heheh..

tapi agar bisa berkembang biak tentunya sobat harus tau dulu mana indukan jantan dan indukan betina, kalau sobat beli nya jantan semua ya ga akan berkembang biak :)

ikan Molly ini termasuk ikan berkembang biak dengan cara beranak, membesarkan telur di dalam perut alias live bearer.

nah untuk bisa membedakan mana jantan dan betina cukup mudah, ikan Jantan bisa di lihat dari bentuk badan nya yg ramping, sirip agak panjang, dan yang paling utama bisa di lihat pada sirip yg di bawah perutnya berbentuk runcing, (lihat gambar seperti yang sudah saya lingkari warna merah)

perbedaan ikan molly jantan


Kalau ikan betina badannya lebih besar, perut bulat dan sirip bawah perutnya berbentuk segitiga alias tidak runcing seperti jantan, lihat pada gambar yg saya lingkari merah.

membedakan ikan molly betina

bagaimana, sudah bisa membedakan jantan dan betina? mudah bukan? jika sudah maka tinggal proses mengawinkan.

caranya cukup mudah, sama juga dengan cara beternak ikan platy pedang, kita campurkan saja induk jantan dan betina dalam wadah pemijahan, biarkan mereka memijah, nah nanti jika sudah di buahi, induk betina akan mengandung telur dalam perutnya, dan jika sudah waktunya maka akan melahirkan anak-anak ikan molly.

jika sudah beranak, segera angkat indukan, dan rawat anakan dengan memberi makan kutu air, jika sudah besar bisa dengan jetik nyamuk.

simak videonya untuk lebih jelas, dan jangan lupa like dan subscribe channel kami ya..




bagaimana, mudah kan? nah demikian post kali ini tentang bagaimana mengembang biakan ikan Molly, semoga bermanfaat untuk sobat semua, sampai jumpa di postingan selanjutnya. :)

0 Response to "Budi Daya Ikan Molly"

Posting Komentar

Advertisement