Banner adz

Jenis-jenis Ikan Channa Yang Eksotis (part 2)

Di postingan sebelumnya sudah kita lihat berbagai jenis ikan channa, ternyata banyak sekali ya jenis-jenis ikan channa ini, namun ada beberapa jenis ikan channa yang sulit di temui atau langka.

Baca Postingan sebelumnya: Jenis jenis ikan channa


nah di postingan kali ini kita akan melanjutkan jenis-jenis ikan channa yang ada di dunia ini, yuk kita simak apa saja jenis jenis ikan channa yang ada, siapa tau sobat sudah punya salah satunya.

12. Channa Argus
Channa argus ini dapat tumbuh dengan cepat dan ukurannya bisa mencapai 1 meter.

Channa argus berasal dari sistem sungai Kuning dan Yangtze yang lebih rendah di China timur, drainase Amur di tenggara Rusia dan China timur, dan berbagai sungai di semenanjung Korea, dengan populasi yang diperkenalkan di Jepang, Amerika Serikat, Asia Tengah, dan sebagian Eropa Timur. Di Eropa Timur, mereka awalnya dimaksudkan untuk digunakan dalam proyek-proyek akuakultur, tetapi spesies ini sekarang telah masuk ke sejumlah sungai dan badan perairan lainnya.

Ikan ini bisa hidup di berbagai jenis habitat meskipun cenderung menghindari air yang mengalir sangat cepat.


13. Channa Asiatica 
Channa Asiatica dapat tumbuh hingga 35 centimeter. Ada beberapa jenis corak pada channa asiatica ada yg red spot, white spot dan mungkin masih ada jenis lainnya.

Ikan ini asli berasal dari China tengah dan selatan serta Vietnam utara. Di China, Sungai Yangtze tampaknya mewakili batas utara sebarannya, dan di selatan mereka juga ditemukan di Pulau Hainan dan Hong Kong. Channa asiatica juga telah diperkenalkan ke Taiwan dan Pulau Ishigaki Shima di Kepulauan Ryukyu, Jepang. Catatan dari Vietnam hanya berkaitan dengan Sungai Merah (juga dikenal sebagai Sungai Sông atau Yuan).

Channa asiatica ditemukan di berbagai jenis habitat meskipun cenderung menghindari air yang mengalir sangat cepat dan sering dikaitkan dengan daerah hutan hujan lembab. Mereka ditemukan di kolam, danau, dan aliran sungai yang bergerak lambat di mana biasanya mereka bersembunyi di celah-celah, di antara akar atau tempat persembunyian serupa lainnya

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Silver Dollar


Seperti yang lain dalam genus ini, ikan ini dapat mentolerir kondisi hipoksia karena kemampuannya menghirup udara dari atmosfer, Mereka merupakan salah satu dari beberapa spesies channa yang diketahui bisa melakukan perjalanan jarak pendek di daratan ketika bergerak di antara habitatnya



14. Channa Pleuropthalma
Siapa sangka ikan channa nan cantik ini ternyata asli dari lokal, Channa pleuropthalma berasal dari Sumatra bagian tenggara ditambah daerah aliran sungai Kapuas dan Barito di Kalimantan. Spesies ini juga disebut sebagai ikan gabus berbintik oranye. Mereka hidup di sungai dan perairan bakau.
Channa pleurophthalma alias Ocellated Snakehead ini mempunyai marking titik titik hitam di tubuhnya. Ikan gabus hias ini sangatlah aktif berenang sehingga membutuhkan aquarium yang memadai. Ukuran panjang masimum ikan gabus jenis ini mencapai 40 cm.



15. Channa Aurantimaculata
Spesies ini menghuni daerah aliran sungai Brahmaputra di negara bagian Assam dan Arunachal Pradesh, India timur laut. Wilayahnya tampaknya hanya terbatas pada bagian utara Assam, sementara di Arunachal Pradesh mereka ditemukan di sekitar Tezu di distrik Lohit, meskipun persebaran lengkapnya tidak jelas. Daerah tempat ikan ini tinggal memiliki iklim hutan hujan monsun tropis yang ditandai dengan curah hujan lebat, kelembaban tinggi, dan suhu tinggi di musim panas.

Channa aurantimaculata merupakan salah satu channa favorit saya karena mudah di dapat dan harganya tidak terlalu mahal. Perpaduan Warnanya pun sangatlah bagus kombinasi kuning, biru dan hitam.


Baca Juga: Cara Ternak Ikan Severum



16. Channa Gachua
Dwarf snakehead atau channa gachua sesuai namanya ikan ini merupakan jenis channa yang berukuran kecil hanya dapat tumbuh hingga 25 centimeter. Channa gachua salah satu channa yang cocok dipelihara di aquarium.

Saat ini Channa gachua dianggap memiliki jangkauan alam yang sangat luas yang membentang dari Iran hingga Taiwan dan Bali, dengan catatan penemuan di Iran, Irak, Afghanistan, Pakistan, India, Nepal, Sri Lanka, Bhutan, Bangladesh, China, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam , Malaysia, Indonesia, dan Singapura.

Mereka bisa hidup di berbagai jenis habitat, tapi cenderung tidak menyukai perairan yang memiliki aliran sangat deras.



17. Channa Orientalis
Channa orientalis salah satu dari jenis channa berukuran kecil ini hanya dapat tumbuh hingga 10 cm. Cocok sekali dipelihara di aquarium karena ikan ini sangat mudah beradaptasi.

Ikan ini endemik di barat daya Sri Lanka di mana mereka tampaknya hidup terbatas pada apa yang disebut sebagai ‘zona basah.’ Lokasi pastinya semuanya berada dalam sistem sungai Bentota dan Kelani dan Cagar Hutan Kottawa di distrik Galle, Provinsi Selatan.

Pada kenyataannya, Channa orientalis mungkin terancam punah di alam dan para aquarist yang sadar cenderung mempertahankan koleksi atau varian yang diketahui secara terpisah untuk menjaga kemurnian ras dan mencegah pencampuran populasi.




18. Channa Africana
Wilayah cakupan spesies ini yang diketahui membentang dari Togo ke Kamerun, dengan laporan menyebut mereka juga hidup di beberapa sungai yang mengalir ke Teluk Guinea, termasuk daerah aliran sungai Ouémé di Benin selatan, dan cekungan Niger dan Cross yang lebih rendah di Nigeria.

Parachanna africana terutama mendiami dataran rendah, cekungan sungai pesisir, rawa-rawa, danau, dan waduk buatan, dan tercatat ada di wilayah Delta Niger.




19. Channa Micropeltes
Channa micropeltes atau biasa disebut ikan gabus toman ini merupakan predator asli dari indonesia. Ikan gabus toman ini sangatlah agresif dan mempunyai gigi yang tajam. Ukuran ikan gabus toman ini bisa mencapai 130 cm

Channa micropeltes juga disebut sebagai snakehead Indonesia alias ikan toman. Spesies ini tersebar luas di sebagian besar Asia Tenggara, dengan jangkauannya ke barat daya dari drainase Sungai Mekong di Laos, Thailand, Kamboja (termasuk sistem Tonle Sap), dan Vietnam, sampai ke tengah dan selatan (semenanjung) Thailand, Semenanjung Malaysia, Singapura, dan Kepulauan Sunda Besar di Sumatra, Kalimantan, dan Jawa. Mereka juga muncul di sejumlah kepulauan yang lebih kecil seperti Bangka dan Belitung (Billiton).

Channa. micropeltes dilaporkan muncul di beberapa negara bagian AS seperti Maine, Massachusetts, Maryland, Rhode Island, Virginia, dan Wisconsin, tetapi diperkirakan tidak bertahan lama karena mereka adalah ikan tropis. Penghobi ikan hias predator dituding sebagai penyebab invasi C. micropeltes karena melepaskan ikan-ikan ini ketika mereka tumbuh lebih besar dari akuarium rumah mereka. Ikan ini juga telah diperkenalkan ke Filipina sebagai ikan buruan.



Channa. micropeltes menunjukkan preferensi untuk hidup di lingkungan yang bergerak lambat seperti saluran sungai yang lebih besar, dalam, dataran rendah, danau pedalaman, dan rawa, termasuk kanal dan reservoir buatan manusia.



20. Channa Andrao
Channa Andrao sama seperti channa amphibeus terdapat corak merah di tubuhnya namun memeliki fin yang lebih terang. Channa Andrao tersebar di perairan asia. Channa Andrao termasuk ikan gabus hias terkecil karena hanya dapat tumbuh sampai 11 centimeter saja.

Channa andrao adalah ikan ali lembah Sungai Brahmaputra di timur laut India, dan secara resmi hanya diketahui hidup di rawa-rawa di sekitar kota Barobisha, meskipun koleksi untuk perdagangan ikan hias tampaknya menunjukkan keberadaan setidaknya satu populasi tambahan.

Barobisha terletak di zona dataran subtropis antara sungai Raidak dan Sangosh, keduanya adalah anak sungai Brahmaputra yang menampilkan fluktuasi musiman dramatis dalam hal volume dan aliran air.



21. Channa Bleheri
Channa bleheri merupakan salah satu snakehead yang cocok dipelihara di aquarium karena ikan ini cenderung damai bahkan bisa digabung dengan ikaln lainnya serta mempunyai warna yang bagus dan hanya dapat tumbuh hingga 23 cenitemer.

Ikan hias yang populer ini adalah hewan endemik daerah aliran sungai Brahmaputra di negara bagian Assam dan Arunachal Pradesh, India timur laut, dengan penyebaran penuhnya tidak jelas. Mereka tampaknya terbatas pada bagian utara Assam, sementara di Arunachal Pradesh mereka ditemukan di sekitar Doimukh di drainase sungai Dikrong. Daerah tempat Channa bleheri hidup memiliki iklim hutan hujan monsun tropis yang ditandai dengan curah hujan yang tinggi, kelembaban tinggi, dan suhu musim panas yang tinggi.



nah demikianlah jenis-jenis ikan channa yang ada, tentunya masih banyak lagi jenis jenis ikan channa lain yang belum di tampilkan di sini, lain waktu akan kami update lagi jenis-jenis ikan channa yang belum ada di postingan ini, agar sobat semua bisa memiliki pengetahuan mengenai jenis jenis ikan channa yang ada.


0 Response to "Jenis-jenis Ikan Channa Yang Eksotis (part 2)"

Posting Komentar

Advertisement