Banner adz

Jenis-jenis ikan Channa yang eksotis

kamu penggemar ikan predator? rasanya belum lengkap kalau belum memelihara ikan channa, ikan channa ini ternyata banyak jenis nya loh.

nah buat kamu pecinta ikan snake head, pastinya sudah tau kan jenis-jenis ikan channa? atau mungkin kamu sudah memiliki beberapa jenis nya nih?

bagi yang belum tau, baiklah kita bahas saja jenis-jenis ikan channa yang ada.


1. Channa Melasoma
Channa melasoma biasa hidup di aliran air hutan jernih dengan substrat lumpur dan serasah daun, tetapi juga tercatat bisa hidup blackwater asam di hutan rawa gambut dan lingkungan keruh.
Channa melasoma atau black snakehead ini disarankan tidak digabung dengan ikan lainnya alias soliter. Max size dari black snakehead ini berkisar 30 cm.


2. Channa Marulioides
Channa marulioides atau emperor snakehead dapat tumbuh hingga 56 cm bahkan lebih di alamnya. Channa maru yang satu ini banyak macamnya jenisnya termasuk yang terkenal ialah red eye maru atau red spotted marulioides.

Channa marulioides berasal dari Thailand selatan (di bawah Tanah Genting Kra), Malaysia, dan Indonesia, termasuk Kepulauan Sunda Besar. Mereka cenderung menghuni saluran sungai yang lebih besar dan danau pedalaman seperti sistem Danau Sentarum di Kalimantan.


Baca Juga: Jenis-jenis Ikan Peacock Bass



3. Channa Maculata
Channa Maculata tersebar luas di drainase pantai Pasifik China tenggara, misalnya sungai Yangtze, Sungai Minjiang, Sungai Hangjiang, dan Sungai Mutiara (Nanjiujiang), termasuk pulau Hainan dan Hong Kong, dan mereka juga asli Vietnam (provinsi utara hingga provinsi Quang Binh). Channa maculata telah diperkenalkan ke sejumlah negara dan wilayah, meliputi Jepang, Taiwan, Filipina, Madagaskar, dan pulau Oahu di Hawaii.

Channa maculate cenderung mendiami sungai yang tenang atau mengalir lambat dan backwater (perairan tenang) dengan substrat berlumpur dan vegetasi perairan yang lebat.

Channa maculata atau blotched snakehead salah satu jenis channa yang agresif. Max size  channa maculata berkisar 20 cm. Channa maculata bisa dibilang versi mini dari channa argus.


4. Channa Marulius
Channa marulius mempunyai beberapa sebutan yaitu bullseye snakehead dan great snakehead ini merupakan jenis channa yang mungkin terbesar dibanding channa lainnya. Max size Channa marulius bisa mencapai 180 cm.

Channa marulius tercatat berasal dari Pakistan melalui India, Sri Lanka, Bangladesh, Nepal, Myanmar, dan Thailand hingga China selatan, Laos, dan Vietnam, meskipun kemungkinannya jauh lebih luas dari riset yang akan datang. Populasi ikan ini juga muncul di Broward County, Florida, AS.

Habitat yang disukainya adalah saluran sungai yang besar, danau pedalaman, kanal, dan rawa-rawa di mana mereka sering dikaitkan dengan vegetasi perairan.



5. Channa Lucius
Channa lucius atau forest snakehead dapat ditemukan di perairan thailand dan indonesia. Max size dari channa lucius ini berkisar 40 centimeter.

Ikan ini saat ini memiliki jangkauan wilayah yang sangat luas, membentang ke timur dan selatan dari sistem Sungai Mekong sampai ke banyak wilayah Indochina termasuk Laos, Kamboja, Vietnam, Thailand, Myanmar, dan Semenanjung Malaysia serta Kepulauan Sunda Besar di Sumatra, Kalimantan, dan Jawa serta sejumlah pulau-pulau kecil di wilayah tersebut.


Baca Juga: Cara Ternak Ikan Silver Dollar


Channa lucius bisa hidup di berbagai jenis habitat meskipun cenderung menghindari air yang mengalir sangat cepat dan menunjukkan preferensi untuk tinggal di area rawa hutan dan anak sungai.



6. Channa Sp. "Five Stripe"
Spesies ini diperkirakan berasal dari sekitar Alipurduar, Distrik Jalpaiguri, negara bagian Benggala Barat, India utara. Alipurduar terletak dekat dengan perbatasan India dan Bhutan dan berjarak lebih dari 1.000 kilometer di sebelah timur perbatasan Pakistan.

Berdasarkan pola warnanya dan detail terbatas mengenai habitat aslinya, spesies ini kemungkinan dapat beradaptasi untuk tinggal di antara dan di bawah bebatuan. Alipurduar terletak di daerah tropis lembab di dataran banjir dan kaki pegunungan Himalaya timur yang biasa disebut sebagai Dooars atau Duar, yang secara tradisional dianggap sebagai pintu gerbang ke Bhutan.



7. Channa SP. "fire and Ice"
Ikan dengan panjang maksimal 120-150 mm ini hanya memiliki sedikit detail tentang habitatnya, tetapi tampaknya mereka berasal dari wilayah perbatasan antara Myanmar dan Thailand barat, kemungkinan adalah anak-anak sungai dalam sistem sungai Salween.


Spesies yang tak teridentifikasi ini pertama kali muncul dalam perdagangan ikan hias pada tahun 2009. Nama ‘api dan es’ berasal dari pola warna merah (api) dan biru (es) di kepalanya.


Baca Juga: Jenis-jenis Ikan Zebra Danio



8. Channa Diplograma (Malabar Snake head)
Channa diplogramma atau malabar snakehead ini mempunyai bentuk dan karakter dengan jenis ikan toman. Channa ini hanya dapat tumbuh hingga 44 centimeter.

Channa diplogramma dianggap identik dengan kembaran Indochinanya, C. micropeltes, selama lebih dari satu abad sebelum divalidasi ulang pada tahun 2011. Mereka endemik di bagian selatan pegunungan Ghats Barat di India selatan dengan catatan yang ada dari sungai Meenachil, Manimala, Pampa, Achankovil, dan Kallada di Negara bagian Kerala, serta drainase Chittar dan Tambraparni di negara bagian Tamil Nadu, India.


9. Channa Burmanica
Channa burmanica merupakan channa yang berasal dari Myanmar bagian utara. Channa burmanica termasuk salah satu jenis snakhead yang damai tidak terlalu agresif. Channa ini sangat jarang ditemukan di penjual penjual ikan hias. Ikan gabus yang satu ini sangatlah kerdil ia hanya dapat tumbuh sampai 8 centimeter saja.

Channa burmanica muncul endemik di hulu Sungai Irrawaddy di Myanmar utara, antara pegunungan Kumon dan pegunungan Shan-ngaw, meskipun jangkauan penuh wilayahnya tidak jelas. Hanya ada catatan dari drainase Mali Hka, satu dari dua anak sungai utama yang bergabung untuk membentuk Sungai Irrawaddy di utara Myitkyina, ibukota negara bagian Kachin di ujung utara negara itu.


Baca Juga: Cara Ternak Ikan Mata Buta


Sedikit detail yang tersedia, tetapi Putao berada di Myanmar utara, dekat dengan ujung timur Himalaya, dan dikelilingi oleh pegunungan berselimut salju dengan iklim subtropis yang dipengaruhi muson, lembab, dan subtropis.


10. Channa Barca
Channa barca merupakan jenis ikan gabus atau channa termahal yang beredar di pasar indonesia. Channar barca harganya berkisar belasan juta buat kalian yang tertarik meminang channa barca siapkanlah budget tersebut. Channa barca dapat tumbuh makslimal hingga 90 centimeter.

Channa barca tersebar terbatas di negara bagian Assam dan Nagaland di timur laut India, tetapi mereka langka dan tidak pernah dikumpulkan dalam jumlah besar. Di Assam, mereka tercatat berada di distrik Kamrup dan Morigaon selama beberapa tahun terakhir, sementara kemunculannya di Nepal dan Bangladesh dianggap meragukan.

Ikan ini diamati mendiami lubang vertikal di sekitar pinggiran lahan basah yang biasanya menjadi kering selama bulan-bulan musim dingin. Lubang-lubang ini biasanya sekitar satu meter dalamnya dan terdiri atas satu atau lebih terowongan masuk yang mengarah ke ruang yang lebih besar di dalam permukaan air tanah. Ikan menggunakannya sebagai tempat perlindungan selama bulan-bulan musim dingin yang kering, mereka muncul untuk berburu dan berkembang biak saat habitatnya banjir.


Dibanding banyak spesies Channa lainnya, Channa barca memerlukan jenis mikrohabitat tertentu, memiliki wilayah habitat terbatas, dan tidak pernah ditemukan dalam jumlah besar, sehingga mereka diusulkan untuk dikonservasi.



11. Channa Baramensis
Channa Baramensis adalah satwa endemik Pulau Kalimantan di mana diketahui mereka hidup di perairan seluruh negara bagian Sarawak dan di bagian barat negara bagian Sabah, Malaysia, ditambah Brunei Darussalam yang dikelilingi oleh Sarawak. Catatan dari drainase Sadong di Sabah timur dapat merujuk pada kembarannya, C. melasoma.

Dengan panjang maksimal hanya 22 centimeter channa baramensis termasuk jenis snakehead yang relatif kecil. Habitat channa baramensis berada di perairan sungai kalimantan.

Bersambung....

0 Response to "Jenis-jenis ikan Channa yang eksotis"

Posting Komentar

Advertisement