Banner adz

Jenis-jenis Pupuk Aquascape

Jenis-jenis pupuk aquascape beragam sekali jenisnya.
untuk sobat yang baru memulai hobi aquascape tentunya banyak mencari informasi mengenai aquascape ya? terutama jenis-jenis pupuk yang biasa di gunakan pada aquascape.

nah postingan kali ini kami akan membahas mengenai jenis-jenis pupuk yang biasa di gunakan pada aquascape.

Baca Juga: Mengenal Pencahayaan Aquascape


kenapa harus pupuk? apakah harus memakai pupuk? apakah bisa aquascape tanpa pupuk?
ya walaupun bisa saja aquascape tanpa menggunakan pupuk, tanaman bisa tumbuh normal, seperti yang saya buat di akun yutub saya mengenai membuat aquascape tanpa pupuk.



terlepas dari bisa tidak nya aquascape tanpa pupuk, kali ini kita bahas saja jenis-jenis pupuk yang biasa di gunakan pada aquascape.
Karena pupuk adalah makanan yang tepat untuk tanaman air yang hidup di dalam aquascape.
Ada 3 jenis pupuk dalam aquascape berdasarkan waktu dan cara pemakainnya, berikut jenis-jenis pupuk aquascape

1. Pupuk Dasar (Pukdas)
Pupuk dasar merupakan pupuk yang cara pemakaiannya di awal setup ketika akuarium belum diisi apapun, pupuk ini pada umumnya tampak seperti pupuk NPK atau pupuk kandang untuk tanaman darat.

Baca Juga: Mengenal Tumbuhan Aquascape Java Fern


Pupuk dasar Berupa tanah ataupun campuran tanah dengan unsur-unsur lain. ada 2 cara dalam pemakaian pupuk dasar,
pertama pupuk bisa dicampurkan langsung dengan susbtrate misalnya pasir malang, kemudian pupuk diaduk dengan komposisi perbandingan 4 untuk substrate dan 1 untuk pupuk atau dengan perbandingan 3 : 1. Hasil campuan tersebut bisa langsung dimasukan ke dalam akaurium.



Cara kedua, pupuk ditaburkan langsung di atas akuarium

nah buat sobat yg ingin menggunakan pupuk dasar ini sangat cocok untuk jenis tanaman stem atau tancap karena  pupuk dasar sebagai pemberi nutrisi pada tanaman yang diserap melalui akar agar tanaman tumbur subur dan sehat.

Baca Juga: Istilah yang sering di pakai pada aquascape


2. Pupuk Tancap
Selain pupuk dasar, ada juga jenis pupuk aquascape yang di tancap atau pupuk tancap.
Pupuk tancap adalah Pupuk yang pemakaiannya dengan cara ditancapkan pada area sekitar tanaman, artinya pupuk ini dipakai ketika ekosistem Aquascape sudah terbentuk. Berbeda dengan pupuk jenis lainnya, pupuk ini berbentuk padatan bulat memanjang atau berbentuk seperti tablet. Pemberian pupuk tancap ini bersifat opsional.



Pupuk tancap diberikan jika dirasa pertumbuhan tanaman lambat, pupuk tancap ini kadang disebut juga pupuk booster, yaitu pupuk untuk mendorong tumbuh kembang tanaman itu sendiri, artinya tanpa pupuk ini pun tanaman sobat akan tetap tumbuh.
Ada banyak dipasaran jenis pupuk tancap berdasarkan mereknya, namun secara umum prinsip kerjanya sama saja.


3. Pupuk Cair (pukcir)
sobat tentu sering mendengar istilah pukcir, ya pukcir alias pupuk cair aquascape ini merupakan salah satu jenis pupuk yang biasa di gunakan pada aquascape.


Baca Juga: Mengenal dan Merawat tanaman Bucephalandra


Pupuk cair merupakan pupuk dalam bentuk cair yang pemakaiannya dilakukan secara berkala. Pupuk cair aquascape masuk dalam komponen perawatan karena kita disarankan menggunakan pupuk ini secara berkala yakni 4 hari sekali atau seminggu sekali untuk mendapat hasil yang optimal.



Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan mencampurkannya langsung ke dalam akuarium.
karena bentuknya cair maka pupuk cair ini akan langsung larut kedalam air.

Pupuk Cair aquascape pun dibagi ke dalam 2 jenis berdasarkan kandungannya, yaitu pupuk cair makro dan pupuk cair mikro.

Pupuk cair makro mengandung unsur-unsur utama yang dibutuhkan oleh tanaman yaitu Nitrogen, Phospat, Kalium, Kalsium, Magnesium, dan Sulfur

sedangkan Pupuk cair mikro mengandung unsur-unsur pelengkap yang dibutuhkan oleh tanaman yaitu Besi, Mangan, Boron, Molibdenum, Tembaga/cuprum, Seng, Cobalt, Natrium, Silikon, Nikel dan Klor.


Baca Juga: Mengenal filter Undergrafel


nah dari jenis-jenis pupuk aquascape tadi tentunya sobat sudah memutuskan ya ingin menggunakan pupuk jenis apa untuk aquascape sobat.

perlu di ketahui juga, Penggunaan pupuk tidak akan banyak berpengaruh terhadap ikan yang dipelihara dalam Aquascape terutama pupuk yang disebutkan diatas karena pupuk tersebut sudah di desain khusus untuk Aquascape sehingga aman untuk dipergunakan.

jadinya sobat tak perlu khawatir terhadap keselamatan ikan sobat ya, oke cukup disini dulu pembahasan kita mengenai jenis-jenis pupuk yang biasa di gunakan pada aquascape, sampai jumpa di postingan selanjutnya.


0 Response to "Jenis-jenis Pupuk Aquascape"

Posting Komentar

Advertisement