Banner adz

Cara Menggunakan Artemia Tanpa cangkang (Artemia Polar Red) untuk burayak ikan

 Apa pakan untuk burayak ikan hias yang terbaik? para peternak ikan hias biasanya memberi pakan burayak dengan kutu air atau artemia, namun banyak orang hanya tau pakan untuk burayak ikan adalah kutu air, jarang yang tau kalau ternyata artemia juga bisa untuk pakan burayak ikan.

Artemia merupakan pakan untuk burayak yang banyak dipilih oleh sebagian petani karena keterbatasan adanya kutu air atau pakan yang lainya.

Baca Juga: Cara Kultur Cacing Sutera

Artemia sendiri harus ditetaskan terlebih dahulu sebelum bisa diberikan pada burayak ikan hias. Cara menetaskan artemia membutuhkan peralatan dan waktu yang relatif lama.

Alat-alat yang dibutuhkan seperti misalnya wadah untuk mengkultur atau menetaskan, aerator untuk membantu mengocok telur artemia dan juga garam.

Lamannya menetaskan artemia ini kurang lebih antara 18 jam hingga 24 jam. Selain itu banyaknya merek artemia yang beredar di pasaran juga terkadang tidak semua artemia yang ditetaskan akan menetas, bahkan bisa sama sekali tidak menetas.

Baca Juga: Cara Kultur Artemia

nah atas dasar itu beberapa peternak ikan beralih ke artemia yang tanpa cangkang, sehingga bisa langsung di berikan ke burayak ikan tanpa proses penetasan tadi.

Artemia tanpa cangkang yang biasa dikenal adalah merk Polar Red.


Artemia merek polar red ini juga dikenal dengan nama artemia instan atau juga artemia tanpa cangkang ( Artemia Shell Free / Decapsulated ).

lalu apa bedanya artemia merk polar red ini dengan artemia supreme? 

Artemia merek ini dan artemia merek supreme plus golden west keduanya adalah telur artemia.

Perbedaan dari keduanya terletak pada proses pembuatan ( pengambilan telur artemia ) dan cara memberikanya pada burayak ikan hias.

Baca Juga: Cara Mudah Ternak Jentik Nyamuk

Polar red merupakan telur artemia yang telah melalui proses pembuangan cangkang atau dekapsulasi yang sehingga isinya dapat dengan mudah di konsumsi oleh burayak ikan.

Polar red atau artemia dekapsulasi ini tidak menetas, sehingga mempertahankan sepenuhnya energi dan gizi yang digunakan oleh artemia hidup agar dapat menetas.

Sedangkan merek supreme plus diperlukan penetasan terlebih dahulu sebelum diberikan pada bibit ikan.

nah kenapa sekarang ini banyak peternak beralih ke artemia polar red?

Karena artemia ini sangat praktis ( tidak perlu menetaskan dulu ) dan itu sebabnya disebut artemia instan.

Artemia Polar red juga lebih ekonomis karena mengurangi tenaga dan biaya peralatan untuk penetasan artemia.

Baca Juga: Cara Mudah Kultur Daphnia Magna

Artemia polar red juga memiliki Kandungan gizi stabil dan tahan lama dalam kemasan penyimpanan (shelf life 2 tahun)

Lalu bagaimana cara menggunakan artemia polar red ini?

cara menggunakan artemia polar red cukup mudah, sobat Cukup hanya menebarkan polar red pada kolam atau juga bisa dengan dilarutkan dengan air terlebih dahulu. Dan berikan sesui kebutuhan.

namun tentunya ada kekurangan menggunakan artemia polar red ini, apakah kekurangannya?

Bibit ikan atau burayak ikan umumnya lebih tertarik dengan pakan yang bergerak, nah karena artemia shell free / tanpa cangkang ini tidak hidup dan tidak bergerak maka kurang begitu menjadi perhatian buarayak ( kurang tertarik ).

nah jadi sobat sudah tau kan apa kegunaan artemia polar red? sekarang sobat bisa mulai mencoba memberikan burayak sobat dengan artemia polar red atau artemia biasa, itu pilihan sobat, oke terima kasih, sampai jumpa di postingan selanjutnya ya

0 Response to "Cara Menggunakan Artemia Tanpa cangkang (Artemia Polar Red) untuk burayak ikan"

Posting Komentar

Advertisement