Banner adz

Beternak Ikan Arwana

Ikan Arwana adalah ikan yang banyak penggemarnya, namun harganya sangat mahal.
kalau sobat hobi memelihara ikan arwana, ga ada salahnya sobat mencoba mengembangbiakan ikan arwana ini, siapa tau sobat berhasil dan ikan arwana sobat jadi lebih banyak.

nah saya akan berbagi tips bagaimana beternak ikan arwana agar ikan arwana sobat jadi lebih banyak,
namun untuk beternak ikan arwana ini di butuhkan tempat yang luas untuk pemijahannya, bisa berupa kolam semen atau akuarium yang luas.

kalau sobat sudah menyiapkan tempat pemijahan sekarang siapkan induk ikan arwana nya,
Kualitas indukan ikan arwana yang ingin cobat kembangbiakkan sangat mempengaruhi terhadap hasil yang sobat peroleh. Jika indukan yang sobat gunakan memiliki kualitas yang sangat baik, maka kemungkinan besar hasil yang dapat sobat peroleh juga akan baik, begitu juga dengan sebaliknya. Karena itulah, pilih indukan yang memiliki kualitas terbaik untuk sobat kembangbiakkan.


Baca Juga: Beternak Ikan Congo Tetra


Ikan arwana yang sudah siap untuk dikembangbiakkan adalah ikan arwana yang sudah mencapai umur 4 tahun atau lebih. Sebaiknya ikan arwana ini harus dipisahkan dengan ikan arwana lainnya. Karena ikan arwana yang akan dikembangbiakkan harus diberi makanan khusus, yaitu berupa udang. Oh iya, sobat dapat membedakan ikan arwana jantan dan betina dengan melihat ukuran tubuh dan kepala ikan. Jika ukuran tubuh dan kepala ikan kecil, maka ikan tersebut adalah ikan betina

Langkah berikutnya adalah sobat harus paham dengan ikan arwana mana saja yang sudah menemukan pasangannya.
sobat dapat mengetahui ikan arwana yang sudah menemukan pasangannya atau belum dengan memperhatikan ikan-ikan tersebut dengan seksama di dalam akuarium. Jika terdapat dua ikan yang berlainan dan sering berenang berdampingan dengan kepala serta ekor saling menempel, maka dapat dipastikan ikan arwana tersebut sudah menemukan pasangannya.

Ketika sobat sudah melihat ikan seperti itu, maka ikan tersebut harus segera dipindahkan ke dalam akuarium yang khusus untuk pengembangbiakkan. Akuarium yang digunakan untuk pengembangbiakkan juga harus dibuat senyaman mungkin bagi ikan arwananya.

Dalam proses bertelur, ikan arwana tidak perlu dibantu. Karena ikan arwana yang jantan seakan-akan memakan telur setelah ikan arwana betina mengeluarkan telur-telurnya. Saat itulah ikan arwana jantan membuahi telur-telurnya hingga menjadi larva. Larva yang dikeluarkan oleh ikan arwana jantan biasanya berumur 2 bulan.

Baca juga: Beternak Ikan Palmas



Untuk pembesaran benih, sobat harus menunggu sampai berukuran 12 cm. Untuk benih yang masih kecil berukuran 1 cm, sobat bisa memberinya cacing pita. Usahakan, ketika ikan arwana sudah berukuran 12cm, sobat harus langsung memindahkan anak-anak tersebut. Karena ikan arwana tersebut adalah pemakan segala, dan juga tidak peduli meskipun itu anaknya sendiri.

nah demikian info tentang bagaimana beternak ikan arwana, selamat mencoba, semoga ikan sobat menjadi lebih banyak ya...

0 Response to "Beternak Ikan Arwana"

Posting Komentar

Advertisement