Banner adz

Beternak Ikan Manvis dengan mudah

Ikan Manvis atau biasa di sebut ikan angel fish, ikan ini bagus juga untuk melengkapi akuairum sobat, karena selain bentuknya yang indah, ikan ini sangat pendamai, tidak suka mengganggu ikan lainnya, jadi cocok lah sebagai koleksi sobat.

nah jika sobat penghobi ikan ini, tak ada salahnya sobat mengembangbiakannya, agar ikan manvis kesayangan sobat bisa bertambah banyak,
kali ini saya akan bagi-bagi info tentang bagaimana beternak ikan manvis, yuk kita mulai..

Baca Juga: Ternak Ikan Niasa


untuk memijahkannya, para peternak memiliki metoda masing-masing, ada yang memelihara mulai dari kecil sampai dewasa, setelah dewasa ikan manvis akan memilih pasangannya, setelah menemukan pasangan, maka indukan manvis di pisahkan ke akuarium pemijahan.

namun ada juga yang memijahkan secara terpisah, artinya di pijahkan setelah dewasa langsung di akuarium pemijahan, sobat boleh memilih cara mana saja terserah yang penting berhasil, hehehe...

pada postingan ini saya akan berbagi info beternak ikan manvis secara sepasang setelah dewasa.
oke pertama sobat siapkan dulu indukan ikan manvisnya, kalau bisa yang sudah berusia 7 bulan agar hasil lebih optimal.

cara membedakan ikan manvis jantan dan betina adalah:
Induk jantan dicirikan dengan ukuran tubuh yang lebih besar  dibandingkan dengan induk betina.

Kepala induk jantan terlihat agak besar dengan bagian antara mulut ke sirip punggung berbentuk cembung, serta badan lebih ramping dibandingkan dengan ikan betina. Sementara induk betina dicirikan oleh ukuran tubuh yang lebih kecil dan bentuk kepalanya yang lebih kecil dengan bagian perut yang lebih besar/gemuk serta terlihat agak menonjol.

setelah itu masukan sepasang indukan ke dalam akuarium, Ikan manfish akan menempelkan telurnya pada substrat yang halus, misalnya potongan pipa PVC yang telah disiapkan/ditempatkan dalam akuarium pemijahan.

Karena ikan manfish cenderung menyukai suasana yang gelap dan tenang, maka pada dinding akuarium dapat ditempelkan kertas atau plastic yang berwarna gelap.

Induk manfish akan memijah pada malam hari. Induk betina menempelkan telurnya pada substrat dan diikuti ikan jantan yang menyemprotkan spermanya pada semua telur, sehingga telur-telur tersebut terbuahi. Jumlah telur yang dihasilkan setiap induk berkisar antara 500-1000 butir,.

Baca Juga: Beternak Ikan Malabar Danio


jika sudah memijah dan bertelur, sebaiknya angkat telur tadi ke dalam wadah penetasan yang sudah di siapkan, atau biarkan saja telurnya dan angkat indukan manvis tersebut.

dalam 2-3 hari telur akan menetas dan menjadi burayak, burayak bisa di beri makan halus berupa kutu air.

nah demikian info tentang bagaimana beternak ikan manvis, selamat mencoba dan semoga berhasil ya :)

0 Response to "Beternak Ikan Manvis dengan mudah"

Posting Komentar

Advertisement