Banner adz

Jenis Keong Penghias Aquascape

Selain ikan dan tumbuhan, keong juga merupakan pelengkap sebagai hiasan aquascape, namun fungsi keong bukan hanya sebagai penghias, beberapa keong memiliki fungsi tertentu seperti pemakan alga, atau pemakan parasit keong kecil.
bagi yang baru memulai dan belum tau cara membuat aquascape bisa search dan tanya-tanya ke penjual ikan hias.


nah ini lah jenis-jenis keong hias yang biasa di pelihara beserta fungsinya

1. Keong Turbo
Keong ini memiliki ukuran cangkang yang besar dibanding keong hias lainnya, cangkangnya berwarna loreng hitam coklat, seperti zebra. tentunya menambah unik aquascape sobat.
selain warna dan ukuran ciri khas keong ini bergerak leih cepat dari keong lainnya.
Keong ini bisa anda dapatkan di sungai perairan air payau pada arus yang lumayan deras. Keong tanduk berfungsi membersihkan akuarium memakan alga, sisa makanan ikan dan memakan dedaunan yang mati.


2. Keong Tanduk
Keong tanduk ini juga merupakan favorite para aquascaper, karena bentuknya yg unik dan indah dengan warna mencolok.
cangkangnya terdapat dua buah tanduk seperti namanya keong tanduk.
Di habibat aslinya keong bisa ditemukan ditepian sungai dengan air yang mengalir . keong ini biasa menempel pada dedaunan, batang kayu, akar dan batuan. jika kalian ingin memelihara keong tanduk pada akuarium, usahakan keadaan akuarium dibuat seperti halnya pada habitat aslinya, seperti memberikan arus dan juga menambahan kayu atau akar ke dalam akuarium.
Manfaat dari keong tanduk  ini adalah sebagai pemakan alga dan juga membersihkan sisa-sisa makanan ikan yang ada dalam akuarium. Pada habitat asli keong tanduk bisa hidup mencapai 3-5 tahun lamanya.

3. Keong Bawang
Dari namanya aja unik ya, tapi keong ini sebenarnya secara bentuk lebih mirip keong turbo sih, cuma beda di corak saja.
untuk fungsinya pun sama seperti keong turbo,baik cara makan maupun gerak geriknya, ya itu tadi berbeda cuma di cangkang nya saja, heheh


4. Keong Asasin
iih serem ya namanya, asasin artinya pembunuh. waw.. apakah keong ini pembunuh?
ya dari namanya keong ini memang fungsinya untuk membasmi hama keong kecil alias keong hama.
bentuknya panjang dengan corak belang hitam. bergerak lambat namun tepat sasaran membunuh dan membasmi keong hama di aquascape sobat.


5. Keong Ramshorn
Keong ramshorn ini sebenarnya hama, mereka berkembang sangat cepat dan menempelkan telurnya dimana saja di dalam aquarium sobat, namun jika dalam jumlah sedikit, keong ini sangat bermanfaat juga membantu mengurangi kadar nitrat dalam aquascape sobat.
jika keong ini berkembang terlalu banyak dan sulit di kendalikan pertumbuhannya, sobat bisa memasukan keong assasin untuk membasmi keong ramshorn ini.

oke itu lah tadi jenis keong aquascape yang banyak di pelihara para aquascaper, jika sobat ingin menambah cantik aquascape sobat dan mungkin agar aquascape terlihat unik, bisa pelihara salah satu keong tadi.

0 Response to "Jenis Keong Penghias Aquascape"

Posting Komentar

Advertisement