Banner adz

Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

Bagi sobat yang biasa beternak ikan cupang, tentunya kenal dengan daun ketapang ini. atau untuk anda yg baru berkecimpung di dunia ikan, mungkin pernah melihat di toko ikan hias dimana di bagian ikan cupang air nya berwarna kekuningan, nah itulah air daun ketapang.

sebenarnya apa sih manfaat nya dan fungsi nya daun ketapang itu? daun ketapang yang di gunakan adalah daun ketapang yang kering.
ada sebuah penelitian dan pengamatan, ikan air tawar yang hidup di sungai atau rawa yang di sekeliling nya di tumbuhi daun ketapang jauh lebih sehat di banding rawa atau sungai yg tanpa daun ketapang.
kenapa bisa begitu?

ketika daun ketapang ini masuk ke air, maka akan terjadi sistem pembusukan yang selanjutnya akan mengubah warna air jadi kuning atau kecoklatan.
perubahan warna air ini pun ternyata terdapat kandungan zat yg terdapat dalam daun ketapang, zat tersebut adalah zat tanin.
zat tanin ini yg bisa menurunkan ph air, juga sebagai anti jamur dan anti bakteri.

bagi para peternak ikan cupang, daun ketapang ini juga memiliki fungsi mencerahkan warna ikan cupang, mengobati luka ikan cupang, mengurangi ph air, mencegah stress, bahkan ada yg mengclaim dapat menyembuhkan penyakit sisik nanas pada ikan cupang.

nah demikian lah manfaat dari daun ketapang pada ikan hias. semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang"

Posting Komentar

Advertisement