Banner adz

Cara Ternak Ikan Belida

Sobat ada yang belum tau Ikan belida? nah di postingan kali ini kita coba berkenalan dengan ikan belida dan kita coba bagaimana cara mudah beternak ikan belida.

ikan belida atau lopis tergolong kedalam jenis ikan sungai yang termasuk dalam suku Notopteridae. Ikan lopis ini lebih terkenal dengan sebutan nama ikan belida atau belido, nama itu diambil dari nama sebuah sungai di Sumatera Selatan. Orang Banjar sering menyebut ikan pipih. Jenis belida ini bisa dijumpai di wilayah Sumatra, Kalimantan, Jawa, serta Semenanjung Malaya, walaupun kini agak susah ditangkap sebab rusaknya kualitas dan mutu sungai serta penangkapan.


Ikan belida ini ialah sebuah ikan jenis air tawar yang mempunyai bentuk tubuh yang menarik, sekilas sama dengan beternak ikan black ghost . Ikan ini tak hanya dapat dijadikan ikan konsumsi, ikan ini bisa juga dijadikan ikan hias yang cantik sebab bentuk tubuhnya yang menarik.
Ikan Belida juga salah satu jenis ikan predator yang dipelihara di aquarium.
Ikan ini juga kerap dikenal dengan berbagai nama seperti Ikan Lopis, Ikan Belida, dan Ikan Pipih.

Ikan belida tergolong dalam jenis ikan air tawar, maka budidaya ikan belida sendiri bisa Anda lakukan dalam media kolam tanah ataupun juga kolam terpal. Intinya, kolam budidaya yang bakal dipergunakan untuk memelihara dan membudidayakan ikan belida, perlulah memiliki ukuran yang besar sebab pada puncak pertumbuhannya, ikan belida atau lopis bisa tumbuh sampai ukuran 1–7 kg.

Minimal untuk ukuran kolam yang disediakan guna budidaya ikan belida ialah 2 meter persegi serta ketinggian air kolam sekitar 30 cm. Disebabkan habitat asli ikan belida ialah hidup di air yang mengalir, jadi pakai saja kolam yang airnya mengalir.

Untuk membedakan induk jantan dan betina ikan belida bisa di lihat dari ciri-ciri sebagai berikut:
untuk indukan ikan belida yang jantan bisa diketahui dari ciri-ciri fisiknya yakni sirip perut yang memanjang, ukurannya lebih kecil dari ikan belida betina, kelamin bentuknya tabung.

Sedangkan untuk sang indukan ikan belida betina memiliki ciri fisik sebaliknya dari pejantan. Ketika masa kawin telah datang, alat kelamin jantan bakal memerah serta mengeluarkan sperma yang berwarna putih.

jangan lupa sediakan substrat pada dasar kolam, untuk indukan ikan belida menempelkan telur.
setelah beberapa hari indukan ikan belida akan bertelur.

Larva ikan belida menetas sekitar 72-120 jam (3-5 hari) pada suhu air 29-30 °C.
Larva ikan belida ini bersifat kanibal sehingga perlu perlindungan. Benih berusia 3 hari sudah mulai dapat makan udang artemia.

Benih ikan belida berusia satu bulan sudah dapat dideder di akuarium, dan satu bulan kemudian siap dideder di kolam. Ikan dengan ukuran 15cm siap untuk pembesaran.

nah demikianlah tentang cara mudah ternak ikan belida, silahkan di coba dan kembangkan dengan teknik masing-masing agar hasil lebih maksimal, selamat mencoba

0 Response to "Cara Ternak Ikan Belida"

Posting Komentar

Advertisement