Banner adz

Cara Mudah Ternak Ikan Cardinal Tetra (Car Tetra)

Ikan hias Kar tetra atau cardinal tetra merupakan ikan yang banyak penggemarnya, ikan ini mirip dengan ikan neon tetra.
namun bagaimana mengembangbiakan ikan kar tetra ini apakah sama dengan cara mengembangbiakan ikan neon tetra? nah kali ini akan kita bahas cara mudah ternak ikan cardinal tetra.

Ikan hias cardinal tetra ini bentuknya menyerupai neon tetra. Perbedaan yang utama, car tetra memiliki tubuh yang lebih langsing dengan bentuk garis neon yang lebih banyak pada badannya.


Paling tidak terdapat 4 warna yang mayoritas menghiasi tubuhnya, sebelah atas berwarna agak kelabu, di susul warna hijau biru, menyerupai neon itu. Di bawah garis neon berturut-turut warna merah dan putih.

Seperti ikan neon tetra, sirip-sirip kar tetra bening, jernih tak ternoda oleh warna apapun. Hanya saja pada sirip anal dan punggung terdapat warna putih yang agak menyolok, pada sebelah depannya. Pupil matanya agak istimewa lantaran warnanya yang mengagumkan, menyerupai warna pelangi.

Ikan betina akan berperut gendut saat telah bermatang kelamin, sedangkan ikan jantan biasa-biasa saja. Badan ikan jantan tetra lebih ramping dibandingkan pasangannya. Pada umur yang sama pertumbuhan tubuh ikan tetra yang jantan terlihat lebih menonjol dibandingkan ikan betina.


Ciri-ciri induk jantan dan betina hampir sama dengan induk neon tetra. Perbedaan neon tetra dengan kar tetra, ikan kar tetra lebih gemuk atau lebih besar dibandingkan dengan neon tetra. Namun keindahan dan juga pesona garis neonnya, hampir sama.

Induk jantan memiliki tubuh yang lebih pendek dibandingkan pasangannya. Betina selain memiliki tubuh yang lebih lebar, juga perawakannya lebih panjang. Pada umur yang sama pertumbuhan tubuh jantan lebih kecil dibandingkan ikan betina.

Indukan yang dipilih sebaiknya telah berumur 8 - 9 bulan, dengan panjang tubuh 4 cm. Untuk budidaya, induk sebaiknya dipisahkan sebanyak 6 ekor jantan, dan 6 ekor betina.

Kemudian jika sudah siap indukan, kita siapkan juga tempat pemijahan, jangan lupa didalam tempat pemijahan kita beri tumbuhan air atau tanaman aquascape sebagai tempat menempelkan telur.
jika sudah siap tempat Induk jantan masuk dulu, kemudian indukan betina.

kemudian ke-4 sisi akuarium sanggup ditutup dengan kertas warna gelap, semoga suasananya tentram, dan teduh. Jangan lupa tutup juga bagian atas akuarium. Jika ingin melihat aktifitas car tetra kawin, bolehlah diberi lubang untuk mengintip.

Ikan tetra yang matang kelamin akan memijah sesudah jangka yang agak lama, kurang lebih 1 - 2 hari. Telur yang telah dibuahi sebaiknya dipisahkan dari induknya. Pemisahan dilakukan sesudah aktifitas pemijahan berkurang, tidak aktif lagi.

Indukan bisa dipindahkan setelah memijah, sedangkan telur-telur di teteskan dalam akurium pemijahan. Selama itu telur-telur dijaga semoga berada dalam daerah gelap.  jangan sekali-kali membuka penutup pada akuarium, sebelum menetas.

Benih mulai diberi makanan berupa infusoria atau bisa mengkultur artemia sendiri, sesudah memasuki hari kelima. Selama itu belum perlu memberi pakan lantaran anakan masih memiliki kuning telur,  Kemudian menyusul diberi dhapina, bisa juga menkultur daphnia sendiri.

jika anakan ikan kar tetra sudah agak besar bisa diberi pakan jentik nyamuk, namun jika kesulitan mencari jentik nyamuk bisa coba sendiri mengkultur jentik nyamuk.

nah demikianlah cara mudah ternak ikan kar tetra atau cardinal tetra, selamat mencoba

0 Response to "Cara Mudah Ternak Ikan Cardinal Tetra (Car Tetra)"

Posting Komentar

Advertisement