Banner adz

Cara Mudah Ternak Ikan Iriatherina

Satu lagi ikan cantik dari tanah papua, Threadfin rainbowfish ( Iriatherina werneri ) atau Featherfin rainbowfish merupakan ikan dari kelompok rainbowfish yang berasal dari Papua (Indonesia dan Papua nugini) dan bagian utara Australia yang mempunyai ciri khas sirip yang panjang.




Di alam aslinya, ikan ini banyak dijumpai di rawa – rawa.  Threadfin rainbowfish atau ikan iriatherina memiliki panjang tubuh 4 – 5 cm, tapi belum termasuk ekornya yang panjang. Ikan iriatherina ini berwarna abu-abu keperakan, banyak para hobiis suka ikan iriatherina ini karena bentuk nya yang unik dan warna nya yang indah.

cara menernakan ikan iriatherina pun hampir mirip dengan cara beternak ikan rainbow. bagaimana sobat mau coba menernakan ikan iriatherina ini? yuk kita coba.

pertama-tama kita siapkan dulu indukan ikan iriatherina ini. bagaimana cara membedakan ikan iriatherina jantan dan ikan iriatherina betina?
umumnya ikan iriatherina jantan akan lebih berwarna menarik dibanding ikan iriatherina betina, selain itu, ikan iriatherina jantan juga mempunyai sirip yang lebih besar, panjang dan menyolok dibanding ikan iriatherina betina.  Threadfin rainbowfish atau ikan iritaherina jantan terkadang mempunyai sirip punggung kemerahan atau kekuningan, begitu juga pada pangkal ekornya.



Setelah indukan siap, selanjutnya siapkan tempat pemijahan.
bisa berupa akuarium yang sudah di lengkapi tanaman aquascape di dasar atau bisa berupa substrat buatan dari tali rafia.

kemudian masukan ikan iriatherina jantan dan betina ke dalam akuarium pemijahan dan biarkan saja.

Ikan jantan akan mengelilingi betina dan akan menarik perhatian betina dengan cara melebarkan sirip punggungnya sehingga terlihat sangat menarik.

Selama proses bertelur, betina akan mengeluarkan mini telur dan meletakkannya di tanaman. Setelah proses bertelur selesai, pisahkan tanaman tersebut ke tangki lain untuk melindunginya dari predator.Telur akan menetas setelah 8 – 12 hari. Anak ikan yang baru menetas sangat sensitif terhadap kualitas air, dan mereka akan memakan kuning telur mereka sampai mereka cukup mampu memakan mangsa yang lebih besar.




setelah agak besar anakan ikan iriatherina bisa di beri pakan kutu air halus, jika kesulitan mencarinya sobat bisa coba mengkultur kutu air sendiri.

nah demikianlah cara mudah ternak ikan iriatherina di rumah, selamat mencoba semoga berhasil.

0 Response to "Cara Mudah Ternak Ikan Iriatherina"

Posting Komentar

Advertisement