Banner adz

Cara Mengobati Penyakit Bintik Putih Pada Ikan Hias

Penyakit bintik putih atau White Spot bagi para hobiis ikan hias penyakit ini paling sering di jumpai pada ikan hias kesayangannya. karena penyakit bintik putih bisa menyebabkan kematian ikan hias sama seperti penyakit sisik nanas pada ikan dan cepat menular ke ikan hias lainnya.

Penyakit bintik putih atau white spot merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang ikan dan tergolong sulit diberantas, sangat mirip dengan penyakit jamur pada ikan hias.

Penyebab penyakit ini adalah sejenis protozoa yang diberi nama Ichtyopthirius multifilis sehingga sering pula disebut penyakit Ich.
Protozoa tersebut bersarang dan menyerang lapisan lendir di kulit, sirip, dan insang ikan. Binatang yang sangat kecil tersebut hanya dapat dilihat dengan bantuan mikroskop.

Namun, karena jumlahnya yang sangat besar dan bergerombol maka akan tampak terlihat bintik-bintik putih yang dalam bahasa inggris disebut White Spot.

Serangan parasit ini dapat menyebabkan pendarahan pada sirip dan insang ikan. Pada kondisi yang parah, dapat menyebabkan kematian pada ikan. Penyakit ini dengan sangat mudah menular kepada ikan-ikan yang lain.

Gejala-gejala yang ditimbulkan:
- Adanya bintik-bintik putih pada tubuh
- Frekuensi pernafasan ikan meningkat
- Warna badan pucat
- Sering mengambil udara di permukaan air
- Malas berenang
- Sering menggosok-gosokkan tubuh pada benda-benda keras seperti lantai dan dinding aquarium.
- Lendir tubuh semakin banyak
- Sering mengapung di permukaaan air


Cara Pemberantasan
Untuk mengobati dan memberantas jenis penyakit ini, lakukan tindakan-tindakan berikut :
- Ikan dipindahkan ke wadah yang terpisah dari ikan-ikan lain ( dikarantina)
- Teteskan Blitz Ich (cairan obat warna biru) sebanyak 1 tetes untuk setiap liter atau Anda juga bisa menggunakan obat lainnya
- Campurkan Gold 100 sebanyak 5-10 gram untuk setiap 500 liter air.

Nah demikianlah tentang bagaimana mengobati penyakit bintik putih/white spot pada ikan hias kesayangan sobat, intinya segera pisahkan ikan yang sakit agar tidak menular ke ikan lainnya.

0 Response to "Cara Mengobati Penyakit Bintik Putih Pada Ikan Hias"

Posting Komentar

Advertisement