Banner adz

Memandang Ikan di Aquarium Bermanfaat Untuk Kesehatan

Sobat punya aquarium dirumah? berbahagialah karena menurut beberapa penilitian memandang ikan di aquarium sangat bermanfaat untuk kesehatan looh.
Selain sebagai unsur penghias ruangan, memelihara ikan di dalam akuarium juga bermanfaat untuk kesehatan.

Dalam sebuah penelitian, memandang ikan-ikan berenang di akuarium selama 10 menit dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan detak jantung berlebih.

Dalam penelitian tersebut juga ditemukan bahwa aktivitas ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan perasaan tenang, serta mengurangi ketegangan otot.

Baca Juga: Manfaat Belut Bagi Kesehatan Yang Orang Belum Banyak Tau


Bahkan dalam waktu yang lebih singkat, 5 menit saja memandangi akuarium juga memiliki efek seolah menghipnotis, menenangkan. Ini karena kecenderungan genetik manusia yang menganggap bahwa lingkungan alami itu menyehatkan dan baik untuk kehidupan.

Studi tersebut menilai respons fisik dan psikologis dari 112 peserta yang dipilih acak terhadap akuarium yang berisi beragam jenis ikan hias.

Yang menarik, hasil menunjukkan bahwa mereka merasa lebih tenang meskipun tidak ada ikan di dalam akuarium. Denyut jantung mereka menurun sekitar tiga persen.

Manfaatnya jadi lebih besar mana kala ada ikan di dalam akuarium. Denyut jantung dan tekanan darah bisa menurun hingga tujuh persen dan empat persen.

Kesimpulan yang didapat, semakin banyak ikan di dalam akuarium, maka akan semakin membaik suasana hati mereka. Para peserta menjadi lebih bahagia.

Dalam penelitian lain yang dilakukan oleh Center for Human-Animal Interaction at Virginia Commonwealth University, sejumlah hasil mengungkap efek positif dari kegiatan terapi akuarium ini.

Sebanyak 42 pasien terapi electroconvulsive (ECT) yang diteliti tingkat depresi, frustrasi dan kecemasan mengalami penurunan kadar kecemasan rata-rata 12 persen ketika berada di ruang tunggu dengan akuarium.

Efek dari terapi kecil ini juga tidak terbatas pada kesehatan mental. Sebuah studi tahun 1999, yang dilakukan di Purdue University, Indiana, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa akuarium dapat memperbaiki kebiasaan makan dan pola perilaku penderita Alzheimer.

Baca Juga: Ikan Cupang Bisa Memberantas DBD


Penelitian tersebut diikuti 62 pasien di tiga fasilitas kesehatan selama kurun waktu 16 minggu. Peneliti memeriksa bagaimana para peserta berperilaku sebelum, selama, dan setelah sesi dalam ruangan dengan akuarium berukuran 30 kali 20 inci dengan delapan ikan besar dan berwarna.


Hasilnya menunjukkan bahwa kehadiran akuarium dapat meningkatkan asupan makanan sebesar 21,1 persen dan menambah tingkat perhatian pasien juga.

"Akuarium ini mengalihkan perhatian pasien sehingga mencapai hasil positif dan membuat mereka makan dengan lebih teratur," ujar Alan Beck, seorang profesor dan direktur di Center for the Human-Animal Bond, Purdue University.

Selain itu, sebaiknya para dokter gigi mulai mempertimbangkan hal ini. Hasil penelitian mengungkap, kehadiran akuarium di ruang tunggu bagi pasien dokter gigi mampu menurunkan kecemasan saat menanti tindakan operasi.

Akuarium juga terbukti membantu orang dewasa dan anak-anak dengan autisme dan gangguan sulit konsentrasi atau ADHD.

"Berhubungan dekat dengan alam, terutama hewan, sangat penting bagi kondisi psikologis manusia. Terapi akuarium adalah salah satu cara bagi Anda untuk mendekatkan diri dengan alam," tambah Alan.

Hal ini dikuatkan juga oleh pendapat Steve Feldman, direktur utama di Human Animal Bond Research Institute. "Meningkatnya bukti ilmiah yang mendukung efektivitas terapi dibantu hewan membuat semakin banyak rumah sakit, panti jompo dan sekolah yang menggunakan hewan terapi untuk menunjang fasilitas kesehatan mereka."

Baca Juga: Lendir Ikan Lele Bisa Sembuhkan Luka Diabetes


Lanjutnya lagi, "Kita sering berpikir kalau anjing adalah satu-satunya hewan yang bisa digunakan untuk terapi, padahal sebenarnya banyak penelitian ilmiah yang membuktikan kalau terapi akuarium juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan kita.

Nah jadi bagaimana sob? mau mencoba membuat aquarium dan memelihara ikan dirumah? yuuk di coba..

0 Response to "Memandang Ikan di Aquarium Bermanfaat Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Advertisement