Banner adz

Cara Mudah Membuat Sendiri Pupuk Aquascape

Sekarang ini banyak orang sudah mengenal aquascape dan mencoba membuatnya di rumah, namun beberapa orang masih mengalami kendala untuk membuat subur dan hijau tanaman aquascape nya.

Karena untuk membuat subur tanaman aquascape di butuhkan banyak faktor, seperti kandungan co2, kandungan hara, bahkan sampai intensitas cahaya.

salah satu penyebab kesuburan tanaman aquascape yaitu penggunaan pupuk, nah pada postingan kali ini kami ingin berbagi mengenai cara mudah membuat sendiri pupuk aquascape.

Baca Juga: Jenis-Jenis Tanaman Aquascape Yang Mudah Perawatannya


Jenis Pupuk Aquascape

Pupuk Dasar
Pupuk dasar merupakan salah satu pupuk yang diletakkan dilapisan paling bawah, pupuk ini biasanya digunakan ketika awal mula set up akuarium serta hanya digunakan selama 1 kali saja. Anda bisa memilih pupuk dari Jerman untuk mempercepat tanaman anda karena akan cepat tumbuh.


Pupuk Cair
Pupuk cair merupakan jenis pupuk dengan bahan cair serta bisa langsung diaplikasikan langsung dalam akuarium. Pupuk cair tersebut mengandung banyak unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman air, anda harus memberikan pupuk cair ini dengan teratur dan rutin agar tanaman anda bisa tumbuh dengan cepat, segar dan juga sehat.


Baca Juga: Cara Menanam Bibit Carpet Seed Aquascape


Pupuk Tancap
Pupuk tancap merupakan jenis pupuk dengan bentuk padat atau bisa juga berbentuk kapsul, tablet dan stick. Nah penggunaanya pupuk ini langsung ditancapkan pada substerte, diletakkan dekat dengan tanaman serta diberikan dalam jangka waktu beberapa minggu atau beberapa bulan tergantung pada produk yang digunakan.



Nah itulah tadi jenis-jenis pupuk aquascape yang biasa di pakai, kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat sendiri pupuk aquascape, yuk kita mulai

Cara Membuat Pupuk Aquascape menggunakan Ampas Kopi

Kita semua tentu sudah tahu dengan ampas kopi bukan? Nah manakala kamu semua sedang memelihara aquascape dirumah sebaiknya ketika selesai ngopi jangan langsung membuang ampasnya, pasalnya ampas kopi ini bisa dimanfaatkan sebagai pupuk cair aquascape. Kandungan nutrisi pada kopi cukup baik manakala digunakan sebagai media tanam. Selain itu kadar PH yang ada dalam kopi juga cukup rendah atau cenderung memiliki asam yang berlebih sehingga bisa mempercepat proses pengomposan.

Cara membuat pupuk aquascape menggunakan ampas kopi juga cukup mudah dimana anda hanya perlu mengambil setengah sendok makan ampas kopi atau secuil jari tangan. Berikan ampas kopi selama 2 kali sekali dan jangan terlalu berlebihan dalam memberikannya.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat CO2 sendiri Untuk Aquascape


Cara Membuat Pupuk Aquascape Menggunakan Air Cucian Beras

Air cucian beras ini bisa juga digunakan sebagai media alternatif pembawa bakteri pseudomonas dalam pengendalian petogen yang menyebabkan penyakit karat serta memicu pertumbuhan tanaman. Air cucian beras juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak yaitu karbohidrat yang berupa pati sebesar sebesar 85-90%, protein glutein, selulosa, hemiselolsa, gula, dan vitamin yang tinggi berdasarkan pengalaman dari saya air cucian beras lebih baik disiramkan ke media tumbuh tanaman (tanah), dan tidak mengenai batang tanaman, karena akan mengakibatkan bercak putih yang terkena air cucian beras. Untuk dijadikan pupuk juga cukup mudah dimana kamu tinggal menuangkan atau menyemprotnya saja namun jangan berlebihan karena akan berpengaruh pada aquascape anda.

Itulah beberapa jenis serta cara membuat pupuk aquascape. Semua uraian ini bermanfaat bagi kita semua, selamat mencoba

0 Response to "Cara Mudah Membuat Sendiri Pupuk Aquascape"

Posting Komentar

Advertisement