Banner adz

Ternak Ikan Peacock Bass

Ikan Peacock bass merupakan ikan predator yang habitat aslinya di sungai dan danau di sekitar Amerika Selatan, ikan ini hidup secara berkelompok dalam jumlah yang lumayan banyak.



Ikan Peacock Bass atau PBass berkembang biak dengan cara bertelur, ikan ini memilih sarang yang mempunyai dasaran yang luas dan lunak guna menempatkan telur-telurnya seperti ditempat yang berpasir atau berlumpur. PBass termasuk ikan yang merawat anaknya dengan baik, mereka akan meninggalkan anak-anaknya hingga cukup besar dan mampu untuk mencari makanan sendiri.


Baca Juga: Cara Ternak Ikan Oscar


ikan peacock bass ini banyak jenisnya, seperti monoculus, orinoco, temensis, azul, dan lainnya, ikan peacock bass juga tergolong ikan karnivora, makanan ikan ini termasuk gampang. dan juga bisa di campur dengan ikan predator lain seperti oscar, palmas atau lainnya.

Untuk menernakan ikan peacock bass pertama-tama kita siapkan dulu tempat pemijahan, karena untuk memijahkan ikan peacock bass ini di butuhkan indukan yang sudah matang, ukuran sekitar 30 cm, maka untuk tempat pemijahan ikan peacock bass haruslah besar, minimal 100 cm x 50 cm.

nah jika sudah menyediakan tempat pemijahan maka selanjutnya menyiapkan indukan peacock bass.
untuk membedakan indukan peacock bass jantan dan peacock bass betina cirinya adalah sebagai berikut:



Ikan peacock bass jantan biasanya bentuk kepalanya agak kotak, dan perutnya datar, serta tubuh yang ramping.
sedangkan untuk induk betina peacock bass dilihat dari bentuk tubuhnya yang agak gemuk, khususnya di bagian perut yang membulat, bentuk kepalanya agak bulat.

nah setelah siap indukan peacock bass, maka tempatkan kedua indukan ke dalam wadah pemijahan, atau boleh jantan dahulu kemudian betina nya.

Baca Juga: Cara Mudah Ternak Ikan Black Ghost


setelah keduanya berada dalam wadah pemijahan, biarkan saja mereka saling mengenal, biasanya jika kondisi lingkungan cocok maka keduanya akan segera memijah.

oh iya jangan lupa untuk meletakan keramik di dasar akuarium pemijahan, keramik ini berfungsi untuk meletakan telur-telur peacock bass.

nah jika sudah berhasil, maka indukan betina akan meletakan telur di atas keramik tadi, dan bergantian dengan jantan yang akan membuahi telur-telur tadi, cara kawin nya sama seperti menernakan ikan louhan

jika sudah bertelur, maka sobat bisa memisahkan indukan peacock bass tadi, dan biarkan saja telur menetas dengan sendirinya, jangan lupa di beri aerasi kecil dan jaga kebersihan air agar jamur tidak berkembang biak.

setelah 3 hari telur akan mulai menetas, setelah menetas semua tidak perlu memberi makan burayak, karena masih mengandung kuning telur.
setelah kuning telur habis, barulah sobat bisa memberi makan burayak peacock bass dengan pakan halus seperti kutu air halu atau artemia, jangan lupa jaga kebersihan air agar burayak tidak mudah mati.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Corydoras


setelah agak besar burayak bisa di beri pakan cacing sutera atau jentik nyamuk, bisa juga dengan cacing beku.

nah demikianlah cara beternak ikan peacock bass, semoga bisa bermanfaat

0 Response to "Ternak Ikan Peacock Bass"

Posting Komentar

Advertisement