Banner adz

Cara Ternak Ikan Lemon

Ikan lemon fishadalah salah satu jenis ikan hias yang tergolong ikan kecil namun laris dipasaran karena memiliki warna yang indah yaitu warna kuning yang khas seperti buah melon. Ikan lemon ini berasal dari Afrika, namun ikan ini sudah ramai di pasaran Indonesia.


Dengan warnanya yg cerah ini banyak orang menyukai nya dan pas untuk di pelihara dalam aquascape karena mirip2 ikan laut warnanya yg cerah dan terang.

untuk sobat yg ingin membudidayakan ikan lemon ini silahkan simak terus postingan ini, agar tau teknik membudidayakan ikan lemon.



Baca Juga: Membesarkan Burayak Ikan Cupang Tanpa Kutu Air


Pertama siapkan indukan, Pilihlah indukan yang berkualitas agar nantinya hasilnya juga berkualitas. Ciri-ciri ikan lemon berkualitas, salah satunya yaitu ikan lemon sudah berumur kurang lebih sekitar 7 bulan. Tapi sebelumnya, anda harus bisa membedakan ikan lemon jantan dan ikan lemon betina. Berikut cara membedakan ikan lemon jantan dan ikan lemon bertina.
Ciri-Ciri Ikan Lemon Jantan
  • Memiliki warna kuning yang lebih cerah
  • Memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih panjang
  • Memiliki warna hitam pada sirip atas dan sirip bawah
  • Memiliki sirip perut yang lebih panjang
  • Memiliki ukuran kepala lebih besar
Ciri-Ciri Ikan Lemon Betina
  • Memiliki warna kuning yang lebih kusam
  • Memiliki sirip atas dan sirip bawah berwarna kuning
  • Memiliki ukuran kepala ikan lemon lebih kecil dibanding ikan jantan
  • Memiliki sirip perut lebih pendek dibandingkan ikan lemon jantan

Setelah indukan siap, kita siapkan tempat pemijahannya, berupa aquarium, beri tempat untuk bersembunyi seperti tumbuhan air atau potongan pipa. setelah tempat pemijahan siap, masukan indukan ke dalam aquarium tersebut dan rawat seperti biasa, 

tanda ikan lemon memijah adalah mereka akan berkejar-kejaran, coba perhatikan di dasar akuarium apakah ada berserakan telur nya., atau coba amati di sekitaran tempat sembunyi pipa atau tumbuhan air tadi, biasanya akan berserakan telur.
jika indukan sudah bertelur bisa angkat keduanya, sebenarnya tidak perlu di angkat juga tidak apa-apa tapi untuk menghindari indukan memakan burayak sebaiknya kita pisahkan saja.

nah telur tadi akan menetas sekitar 4 hari, jika sudah menetas bisa di beri makan kutu air halus, dan jentik nyamuk jika sudah agak besar nanti.

oke begitulah cara ternak ikan lemon dengan mudah, semoga berhasil dan selamat mencoba

0 Response to "Cara Ternak Ikan Lemon"

Posting Komentar

Advertisement