Banner adz

Colisa Lalia atau Gurami Kerdil, Begini Cara Mudah Menernakannya

Jumpa lagi di blog saya, kali ini saya akan berbagi mengenai bagaimana menernakan ikan gurami kerdil atau colisa lalia.

untuk sobat yg belum tau ikan lalia ini berikut penampakannya.


ikan ini tergolong ikan damai, saya menggabungkan ikan ini di akuarium dg ikan kecil seperti zebra, udang hias, platy dan anak ikan cupang ternyata cukup damai dan tanpa di ganggu oleh si lalia ini.

dengan warna nya yang bervariasi membuat ikan ini cukup indah di pajang di akuarium sobat, bagaimana tertarik memeliharanya?

Baca Juga: Beberapa Ikan Koi Termahal



kalau sobat sudah mencoba memelihara, sekarang coba sobat ternakan ikan ini, agar koleksi ikan sobat bertambah banyak, bagaimana caranya? simak terus postingan ini.

oke pertama yang harus kita siapkan adalah indukan ikan lalia, bagaimana cara membedakannya?
untuk sobat yg masih awam bisa coba membeli jumlah banyak di toko ikan hias siapa tau aja dapat sepasang.

namun jika ingin membeli sepasang yuk kita lihat ciri umumnya,
ikan jantan memiliki tubuh agak panjang, dan sirip atas belakang cenderung agak lancip
sedangkan induk betina memiliki tubuh agak membulat apalagi di bagian perut terlihat membulat oleh telurnya, dan sirip bagian atas agak membulat tidak runcing seperti jantan.


Nah jika sudah menyiapkan indukan, sekarang siapkan tempat pemijahan, bisa berupa akuarium atau jirigen bekas atau apapun.
jika sudah menyediakan tempat, masukan indukan jantan ke wadah pemijahan, dan biarkan beradaptasi.

setelah seharian beradaptasi di wadah pemijahan, masukan indukan betina ikan lalia ini ke wadah pemijahan dan biarkan.

jika sukses maka ke esokan harinya biasanya akan terlihat sarang busa di wadah pemijahan, jika belum maka tunggu saja beberapa hari lagi.

jika sudah terlihat sarang busa, kita perhatikan apakah sarang tersebut mengandung telur atau masih busa saja, jika sudah mengandung telur, pisahkan indukan betina ikan lalia ini.


Baca Juga: Beberapa Jenis Ikan Yang Mudah Di Pelihara


kemudian biarkan indukan jantan ikan lalia di wadah pemijahan, setelah beberapa hari telur akan menetas, perhatikan apakah anakan sudah bisa berenang atau masih di bawah sarang.

jika anakan ikan lalia sudah bisa berenang bebas pisahkan indukanjantannya. sebenarnya induk jantan dan induk betina tidak di pisahkan juga tidak apa2, namun di khawatirkan akan memangsa telur dan anakan ikan lalia.

untuk itu perlu di pisahkan indukan ikan lalia dari anak2 nya, dan biarkan anak2 ikan lalia di wadah tersebut. beri makan setiap hari dengan kutu air halus.

nah demikian cara mudah menernakan ikan lalia atau gurami kerdil, silahkan mencoba dan semoga berhasil.

temukan juga cara beternak ikan hias lainnya di blog ini, dan silahkan lihat video2 nya di chanel youtube kami. jangan lupa like dan subscribe ya, terimakasih

0 Response to "Colisa Lalia atau Gurami Kerdil, Begini Cara Mudah Menernakannya"

Posting Komentar

Advertisement