Banner adz

Cara Mudah Ternak Ikan Mata Buta

Ikan Mata buta mungkin sebagian orang belum mengetahui nya, ikan ini unik sekali karena tidak memiliki mata makanya di kenal dengan ikan mata buta.

Ikan mata buta sebenarnya salah satu jenis ikan tetra bernama Astyanax mexicanus. Karena terjebak dalam perairan bawah tanah dan lamanya hidup di tempat gelap, lambat laun matanya tidak dapat berfungsi lagi. cara menernakannya pun hampir sama dengan ikan tetra lainnya seperti cara menernakan ikan cardinal tetra.

Ikan mata buta merupakan ikan yang pendamai dan bisa di tempatkan bersama ikan lainnya seperti ikan sepat madu misalnya.
namun untuk mencampur ikan mata buta dengan ikan yang lebih besar atau lebih gesit seperti ikan zebra danio sepertinya perlu di pertimbangkan lagi, karena ikan mata buta di takutkan kalah bersaing dalam mencari makan.

Oke jika sobat berminat untuk mengembangbiakan atau menernakan ikan mata buta, mari kita simak cara mudah ternak ikan mata buta berikut ini.

Pertama sobat siapkan indukan ikan mata buta, pilihlah indukan yang berkualitas, bedakan dulu mana indukan jantan ikan mata buta dan indukan betina ikan mata buta.
cara membedakan indukan ikan mata buta jantan dan betina sangat mudah.
perbedaan inudkan ikan mata buta dapat dibedakan dari induk betina dengan melihat perut dan warnanya. Ikan mata buta jantan mempunyai badan yang lebih panjang dan warna badannya lebih cerah. Sedangkan induk ikan mata buta betina mempunyai perut yang membulat disertai warna badan yang kurang menarik.

Setelah siap indukan ikan mata buta maka selanjutnya kita siapkan tempat pemijahan, jangan lupa memberikan substrat untuk tempat menempelkan telur seperti tali rafia atau tanaman aquascape.

masukan indukan ikan mata buta ke dalam wadah pemijahan dan biarkan memijah. sering lah melihat substrat atau dasar tempat pemijahan apakah sudah terdapat telur atau belum, jika sudah maka bisa kita pisahkan indukan ikan mata buta ke tempat lain dan biarkan telur menetas.

setelah 24 - 26 jam telur akan menetas, dan sampai umur 5 hari belum perlu diberi makan. Setelah memasuki hari ke 6 benih-benih diberi makan rotifera. Setelah berjalan seminggu menu makannya harus ditambah dengan dhapnia atau kutuair. Kemudian diikuti dengan makanan yang berukuran lebih besar, cacing sutera misalnya

Di bak pemijahan yang berfungsi sebagai penetasan sekaligus pembesaran ini pengganti air dilkaukan setiap minggu sekali, sebanyak 2/3 bagian. Kegiatan ini sudah harus dilakukan setelah benih berumur satu minggu.
Pada saat ini harus dilakukan ekstra hati-hati, supaya benih yang lembut tidak terbawa air. Tanaman air boleh ditambah, ditempatkan pada satu bagian, dengan tidak lupa menyediakan tempat luang bagi benih-benih mata buta ini

nah demikianlah tentang cara mudah ternak ikan mata buta semoga bisa di coba dan berhasil.

video lengkap nya


0 Response to "Cara Mudah Ternak Ikan Mata Buta"

Posting Komentar

Advertisement